Mahasiswa Ilmu Komunikasi Udinus Hadirkan Campaign “PENDENGARMU” Kolaborasi dengan UKM “Rumah Sahabat Udinus”, Ajak Mahasiswa dan Masyarakat Umum Merawat Kesehatan Mental

Banyaknya kasus bunuh diri di kalangan mahasiswa akhir-akhir ini, sempat menjadi sorotan publik dan perhatian seluruh masyarakat Indonesia. Tak bisa dipungkiri banyaknya kasus bunuh diri terdapat faktor yang dapat memicunya, salah satunya kesehatan mental dalam diri seseorang.  Sehingga penting untuk kita meningkatkan kesadaran terkait kesehatan mental, termasuk untuk pencegahan bunuh diri.

Pada hari Minggu, 10 Desember 2023 mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, melakukan kampanye dengan nama “PENDENGARMU” saat kegiatan Car Free Day (CFD) di Simpang Lima Semarang. Pada kampanye tersebut bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat dimana meningkatkan kesadaran tentang kesehatan mental dan menghapus stigma atau prasangka yang sering terkait dengan kesehatan mental. 

“PENDENGARMU” yang memiliki hashtag #unmutegeneration saat CFD ini dilakukan dengan berkeliling menggunakan poster dan membagikan brosur kepada masyarakat untuk mengajak dan memberikan informasi terkait merawat keseharan mental, selain itu masyarakat juga diberikan merchandise berupa bunga, yang disertai kata-kata motivasi. 

Seperti yang disampaikan Yehuda Marcel Lanawaang selaku koordinator campaign tersebut “Kegiatan campaign ini menggaris bawahi pentingnya peran setiap individu dalam masyarakat. Bukan hanya petugas professional atau ahli kesehatan mental saja yang memberikan dukungan. setiap orang termasuk teman, keluarga, pasangan, rekan kerja, dan anggota komunitas dapat berperan sebagai pendengar yang baik dan memberikan dukungan kepada mereka yang sedang mengalami masalah kesehatan mental”.

Dengan menggandeng UKM “ Rumah Sahabat Udinus” yang juga bergerak dalam kegiatan kemanusiaan, “PENDENGARMU” juga menyediakan tempat curhat dan teman konseling melalui platfotm link G-form yang tersedia di Instagram @pendengar__mu, dan tentunya akan menjadi ruang aman untuk berbicara, tentang perasaan para Curhaters. 

“Dengan adanya Kampanye Mental Health sebagai luaran mata kuliah Public Relations, mahasiswa Ilmu Komunikasi Udinus dapat belajar praktis bagaimana terjun dan berkontribusi ke masyarakat. Ide kreasi berjudul Pendengarmu dan berkolaborasi dengan UKM Rumag Sahabat adalah wadah emosi dimana Gen Z ataupun masyarakat bisa bercerita dan meluapkan rasa sehingga kesehatan mental terjaga”, tutur kata Heni Indrayani, Dosen Pengampu Mata Kuliah Public Relations, Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Dian Nuswantoro. 

Tidak hanya melakukan kampanye di CFD saja, Pada hari Senin, 11 Desember 2023 “PENDENGARMU” juga melaksanakan kampanye dan menyediakan teman konseling bagi mahasiswa Udinus yang diwadahi oleh UKM Rumah Sahabat tepatnya di meja batu Gedung D Udinus. Selain itu mahasiswa Udinus juga diajak untuk bermain dengan bisa mengekspresikan perasaannya pada hari itu. 

Salah satu mahasiswa yang telah melakukan konseling yaitu Dilla turut menyampaikan tanggapannya dengan adanya kampanye “Pendengarmu”

“Seneng dan bersyukur banget ternyata insight full banget, dan aku baru tau kalo ternyata ada layanan konseling dari rumah sahabat, thanks buat kalian kolaborasinya keren banget bisa dapet knowledge yang luar biasa banget”  ucap Dilla

Kampanye “PENDENGARMU” tercipta dan bertujuan sebagai PPT (Personality, Privacy, Trust). Personality mengacu pada karakteristik individu yang berkontribusi pada kesehatan mental, Privacy menekankan pentingnya menjaga privasi dalam berbagai pengalaman, dan Trust menciptakan lingkungan yang aman untuk membangun kepercayaan antarindividu dalam mendukung kesehatan mental. 

Penulis : Tim Pendengarmu

Sumber gambar: Tim Pendengarmu

Editor : Aninda Ratna Ghifarani

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: