STRATEGI JITU BERWIRAUSAHA DARI REKTOR UDINUS

STRATEGI JITU BERWIRAUSAHA DARI REKTOR UDINUS

Untuk menggali minat berwirausaha, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menggelar webinar bertajuk Bincang Tokoh Wirausaha yang disiarkan secara live melalui Zoom, YouTube channel TVKU, dan stasiun TV TVKU Semarang. Bincang tokoh wirausaha ini merupakan webinar ke-3 dari serangkaian webinar persiapan karir yang Udinus Career Cennter adakan tahun ini.

Dengan narasumber Prof.Dr.Ir Edi Noersasongko M.kom yang menjabat sebagai Rektor Udinus, Andik Setyono M.kom.,PD.h selaku Kepala Bagian UPT Layanan Karir dan Alumni Udinus, dan Ponco suhirno, S.Kom., M.Kom, alumni Udinus yang berwirausaha dibidang furniture. Di pandu oleh Myra Azzahra selaku moderator, acara kali ini terbilang sukses dan berjalan dengan baik.

Banyak sekali ilmu-ilmu yang disampaikan dalam seminar kali ini, seperti yang di sampaikan Prof. Edi mengenai pentingnya strategi, dimana selama berkompetisi dengan yang lainnya, kita harus menerapkan contoh strategi yang berbeda dan memiliki inovasi, serta nilai unik sebagai pembeda. “Dalam berwirausaha, sekedar unik tidak dapat menjanjikan kesuksesan, namun juga harus berbeda dan unggul. Tapi tidak hanya sekedar berbeda, tapi juga harus ‘costly to imitate’ yang berarti mahal atau sukar ditiru, ‘rare’ yang berarti langka dan unik, dan ‘valuable’ yang berarti menciptakan nilai, dan ‘non substitutable’ yang berarti tidak dapat tergantikan,” jelasnya.

Agar dapat bersaing, sikap pantang menyerah, mengawasi dan antisipasi pergerakan lawan, memperkirakan sumber daya merupakan salah satu kunci keberhasilan.

“Konsisten, kuat dalam proses, dan jangan takut gagal. Kalau sudah stabil bisnisnya, hati-hati dalam mengelola keuangan, dan selalu menekankan sikap jujur dalam usaha baik dengan client, dengan sekitar dan lainnya. karena tidak sedikit juga yang gagal dalam memulai sebuah bisnis” ucap Ponco. “Cara nya simple, kalau kita terus bergerak dan berusaha, tidak mungkin kita tidak berhasil. Ikuti suara hatimu, karena setiap orang punya suara hatinya masing-masing. Jangan malas, harus kaya, dan berhasil!” tambah beliau.

Prof. Edi, Andik dan Ponco berharap webinar kali ini dapat membantu serta mengatasi masalah yang kini sedang dihadapi oleh para wirausahawan maupun calon wirausaha yang ingin memulai bisnis.

Penulis: Ade Purwaningsih

Editor: Almira Felicia Anjar

Dokumentasi: Ade Purwaningsih

Related Post

One Comment on “STRATEGI JITU BERWIRAUSAHA DARI REKTOR UDINUS

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: