DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF DALAM BELAJAR BAHASA ASING

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF DALAM BELAJAR BAHASA ASING

Bahasa adalah sebuah identitas bagi suatu bangsa dan negara. Di era perkembangan zaman yang semakin canggih dan penuh dengan teknologi ini, kita bisa dengan mudah mencari atau mendapatkan begitu banyak informasi dari negara lain bahkan seluruh penjuru dunia.

Bahasa yang digunakan masyarakat Indonesia sendiri adalah bahasa indoenasi dimana bahasa Indonesia ini juga sudah dijadikan sebagai bahasa nasional yang artinya bahasa resmi yang digunakan sehari-hari selain bahasa daerah.

Akan tetapi baru-baru ini ada begitu banyak persepsi yang mengatakan bahwa jika seorang anak muda yang tidak bisa bahasa asing terutama bahasa inggris maka ia dikatakan tidak gaul. Bahasa inggris sendiri sudah menjadi makanan sehari-hari bagi masyarakat Indonesia terutama Generasi Z yang tak bisa lepas dari ponsel mereka.

Para generasi muda tekadang selalu menyelipkan kata-kata bahasa iggris yang menurut mereka gaul seolah agar bisa menikkan derajat mereka. Sebenarnya belajar bahasa asing itu snagat penting karena kita juga bisa mendapatkan banyak keuntungan dari belajar bahasa asing, akan tetapi tidak untuk digunakan sebagai sebuah standar untuk menilai seseorang.

Bagi mahasiswa sendiri belajar bahasa asing dapat menambah poin untuk mereka, banyak tawaran beasiswa luar negeri yang ada jika mereka bisa berbasa inggris dengan lancar. Selain itu karir global dan kebudayaan juga bisa menjadi alasan lain untuk belajar bahasa asing. Kita tak hanya bisa mengembangkan sayap kita dikancah nasional namun jika kita lancar dalam berbahasa asing kita bisa menaraik para investor asing untuk bekerjasama dengan kita, begitu juga dengan kebudayaan, kitab isa tau budaya lain dan saling bertolransi.

Jadi secara tidak tidak langsung belajar bahasa asing adalah sebuah investasi yang nantinya akan sangat berguna bagi karir kita dimasa depan, ditambah lagi dengan maraknya media sosial yang memperluas bahasa dab kebudayaan. Namun kembali lagi kelancaran bahasa asing seseorang tak dapat bisa mengukur standar orang tersebut dan jangan dijadikan sebuah patokan, belajar bahasa asing itu penting akan tetapi jangan sampai mengarah pada hal buruk atau malah menghilangkan jejak bahasa nasional Indonesia.

Penulis : Annisa Cardina Kamilia Aziz

Editor : Aninda Ratna Ghifarani

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: