PILATES, OLAHRAGA POPULER YANG MENYENANGKAN

PILATES, OLAHRAGA POPULER YANG MENYENANGKAN

Sumber: beritaku.id

Di tengah kesibukan dunia yang serba cepat dan banyaknya tekanan saat ini, olahraga tetap dibutuhkan guna menjaga kebugaran dan kesehatan badan. Pilates merupakan salah satu kegiatan olahraga yang dinilai efektif karena tidak banyak membutuhkan ruang dan persiapan alat yang rinci.

Pilates merupakan olahraga yang berfokus pada fleksibilitas dan pengembangan kekuatan inti tubuh. Olahraga ini telah ada sejak abad ke-20 dan hingga saat ini menjadi olahraga yang populer karena metode latihannya yang menyenangkan. Dengan olahraga ini, orang-orang dapat melatih otot inti tubuh mereka seperti otot perut, otot punggung, dan panggul menjadi lebih kuat.

Beberapa manfaat saat kita melakukan olahraga pilates yaitu:

  1. Meningkatkan fleksibilitas, gerakan yang diterapkan akan membantu meningkatkan rentang gerak otot sehingga mengurangi rasa kaku.
  2. Memperbaiki postur tubuh, dengan rutinnya latihan pilates akan membuat otot tubuh menjadi lebih kuat dan membantu menyeimbangkan koordinasi tubuh, sehingga postur dapat terjaga dengan baik.
  3. Membuat otot tubuh lebih kencang, otot inti yang terbentuk akibat latihan pilates akan membuat tubuh lebih stabil dan kokoh, hal ini dapat mengurangi risiko cedera pada tubuh manusia.
  4. Mengurangi nyeri punggung dan otot, olahraga pilates dapat meningkatkan kelenturan otot dan memperkuat kelemahan otot sehingga mempercepat pemulihan nyeri pada badan.

Olahraga ini mudah dilakukan, bila belum bisa bergabung dengan kelas pilates atau studio khusus pilates, seorang pemula pun bisa melakukannya di rumah melalui video latihan pilates online, mereka hanya akan membutuhkan matras olahraga dan baju yang nyaman.

Olahraga pilates dengan teratur memiliki dampak yang baik untuk postur tubuh, kekuatan dan fleksibilitas otot, serta dapat mengurangi risiko cedera. Pilates bukan hanya tentang latihan fisik, namun dapat membantu menyeimbangkan antara tubuh dan pikiran. Karena pada dasarnya latihan pilates didasarkan pada lima prinsip utama yaitu konsentrasi, kontrol, pernafasan, aliran, dan presisi atau ketepatan.

Penulis : Cantika Caramina Gusma

Editor : Aninda Ratna Ghifarani

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: