Walau Sama-sama Perayaan Tahun Baru China, Ini Dia Perbedaan Antara Imlek dengan Cap Go Meh

Walau Sama-sama Perayaan Tahun Baru China, Ini Dia Perbedaan Antara Imlek dengan Cap Go Meh

Pada hari Sabtu, 24 Januari 2024 seluruh masyarakat Tionghoa melakukan perayaan Cap Go Meh. Banyak yang mengira Imlek dengan Cap Go Meh itu sama. Meski sama-sama perayaan istimewa di Tahun Baru China keduanya saling berbeda loh.

Perayaan Imlek 2575 baru saja dirayakan pada 10 Februari lalu dimana dirayakan penuh suka cita. Setelah itu pada 15 hari setelahnya, masyarakat Tionghoa akan merayakan Cap Go Meh. Kedua perayaan ini sering kali dianggap sama, namun ternyata Imlek dan Cap Go Meh merupakan dua perayaan yang berbeda.

Lantas, apa bedanya? Simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini.

IMLEK

Arti Imlek sebagai tahun baru China yang diperingati setiap tanggal satu di bulan pertama awal tahun. Imlek dipercaya erat kaitannya dengan perayaan musim semi. Banyak sumber mengatakan, perayaan imlek adalah pembuka sedangkan Cap Go Meh merupakan penutupnya.

Perayaan ini diadakan sekitar abad ke-5 Masehi. Hikmat Doa, Kesunyian dan kehangatan keluarga identik dengan perayaan Imlek. Sedangkan, perayaan yang meriah dinamakan Cap Go Meh.

Perayaan ini biasanya disertai dengan pertunjukan barongsai dan Liong serta dihiasi dengan ratusan cahaya lampion. Karena kemeriahannya, tidak hanya masyarakat Tionghoa yang menyambutnya, tetapi juga masyarakat umum.

CAP GO MEH

Secara arti ‘cap go’ memiliki arti lima belas dalam dialek Hokkien, perayaannya bertepatan saat bulan purnama muncul.

Seorang Budayawan Jongkie Tio menjelaskan bahwa perayaan tahun baru imlek dibagi menjadi tiga bagian yaitu Imlek, Sembahyang Tuhan Allah, dan Cap Go Meh. Ia berkata imlek lekat dengan festival naga, barongsai, tetabuhan dan petasan yang dipercaya dapat mengusir roh jahat.

Cap Go Meh adalah waktu yang biasa untuk berkumpul bersama keluarga untuk makan malam. Makanan khas Festival Lampion adalah tang yuan atau yuan xiao. Namun, orang Tionghoa di Indonesia menyebutnya lontong Cap Go Meh yang harus ada di setiap perayaan Festival Lampion. Oleh karena itu, Cap Go Meh termasuk dalam rangkaian acara Imlek.

Penulis: Dinda Nabila Setiana

Sumber: CNN.COM

Sumber Gambar: myxxgirl.com, getlost.id

Editor: Rahma Fadila Rahayu

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: