Terapkan Social Media Detox, Gaya Hidup Digital di Era Modern

Terapkan Social Media Detox, Gaya Hidup Digital di Era Modern

Media sosial telah menjadi bagian tak terpishkan dari kehidupan sehari-hari, derasnya informasi dari ruang virtual berdampak pada perubahan pandangan dan gaya hidup manusia. Orang yang kecanduan pada media sosial dapat terganggu kesehatan mentalnya serta mengganggu produktivitas mereka.

Adanya social media detox membantu orang untuk tetap menjaga keseimbangan antara kehidupan nyata dan kehidupan virtual. Akhir-akhir ini, banyak orang mulai melek dan menerapkan social media detox, dengan membatasi akses untuk menggunakan aplikasi atau situs jejaring sosial, mereka merasakan dampak yang baik untuk diri sendiri dan kualitas hubungan yang meningkat di lingkungan sosial.

Beberapa manfaat yang dapat kamu rasakan saat menerapkan social media detox yaitu meningkatkan kesehatan mental, karena ketergantungan bermain media sosial dapat menyebabkan kecemasan dan munculnya kondisi FOMO sehingga menganggu pikiran manusia. Social media detox juga dapat meningkatkan produktivitas, banyak waktu yang biasanya digunakan untuk bermain media sosial berganti menjadi waktu untuk fokus pada tujuan, hobi, kemampuan diri dan melakukan aktivitas positif lainnya.

Social media detox membantu memutus siklus ketergantungan manusia pada dunia virtual, hal ini memberikan peluang untuk lebih fokus mengontrol kehidupan dan kejadian yang ada di kehidupan nyata. Interaksi sosial yang dibangun akan lebih baik sehingga dapat meningkatkan kualitas hubungan dan merasakan koneksi emosional dengan orang terdekat.

Selain dorongan dari diri sendiri, lingkungan yang mendukung juga menjadi faktor penting. Orang-orang terdekat juga perlu mengerti batasan mengenai kapan dan bagaimana penggunaan aplikasi media sosial, perlu mengatur waktu dan memeperhatikan momen sehingga jangan sampai menganggu kenyamanan privasi seseorang.

Dalam kehidupan modern, media sosial memang merupakan bagian yang penting sebagai sumber informasi. Namun, penggunaan yang berlebihan juga akan berdampak negatif pada kehidupan seseorang. Kegiatan social media detox yang dilakukan secara konsisten dapat mengubah gaya hidup digital yang lebih seimbang, manusia akan lebih fokus pada apa yang dibutuhkan dan bermanfaat untuk dirinya sendiri.  

Penulis: Cantika Caramina Gusma

Sumber: odishatv.in

Editor: Rahma Fadila Rahayu

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: