Mutia Rahmi Pratiwi Tumbuhkan Jiwa Kepada Mahasiswa Untuk Memahami Tentang konsep Diri

Mutia Rahmi Pratiwi Tumbuhkan Jiwa Kepada Mahasiswa Untuk Memahami Tentang konsep Diri

Mutia Rahmi Pratiwi sapaan akrabnya Mutia, selain mengajar sebagai Dosen di Universitas Dian Nuswanotro juga sebagai Dosen pembimbing bagi mahasiswa, beliau sering mengisi acara Seminar- Webinar. Selain itu Mutia rahmi pratiwi juga merupakan Co Founder dari mendadakparenting.com.

Sebagai Dosen di Universitas Dian Nuswantoro yang berfokus pada bidang sosiologi. Menurutnya Konsep diri seseorang akan terus berkembang dalam proses aktualisasinya. Seseorang  memiliki dua dimensi dalam dirinya dimensi yang pertama, yaitu: dari sisi internal dan eksternal individu.

Dalam setiap sesi mengajar bersama mahasiswa, Mutia Rahmi Pratiwi menuturkan bahwa sejatinya, lingkungan akan sangat berpengaruh terhadap proses pembentukan konsep diri, seseorang akan memiliki konsep diri yang baik apabila di dukung oleh lingkungan yang positif. Dan untuk konsep diri dengan kualitas buruk akan terbangun dari lingkungan sosial yang melakukan penolakan akan diri seseorang sehingga muncul labelisasi bahwa diri adalah seseorang yang lemah dan tidak berarti bagi orang lain.

Mutia menyampaikan kepada mahasiswa “Bahwa konsep diri di sini merupakan pemahaman tentang diri kita sendiri. Konsep diri menjadi faktor penuntun kita dalam bertindak”. Sudut pandang memiliki peranan dalam menentuka jati diri,  serta akan sangat membantu dalam menentukan berbagai pilihan dan tindakan yang nantinya akan kita jalani dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat membuat diri kita merasa berharga. Perasaan seseorang, diri kita akan sangat mempengaruhi bagaimana cara berkomunikasi dengan orang lain.

Sebagai contoh, apabila kita menganggap bahwa diri kita memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah, maka akan terbentuk self concept yang baik atau positif. Namun sebaliknya, apabila kita itu menganggap bahwa kita tidak mampu atau dalam artian pesimis sebelum mencoba, maka  akan terbentuk self concept yang negatif.

Mutia Rahmi Pratiwi berpesan kepada mahasiswa untuk menjadi agen perubahan dalam diri kita sendiri, perbanyak aktivitas untuk meningkatkan goal-goal personal kita. Semoga niat kalian dijabah dengan cara terbaiknya,” tutupnya.

Penulis                        : Dwi Purwanti

Sumber gambar        : Dokumen pribadi

Editor                          : Maharani Sabila

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: