UANG RUPIAH TAHUN EMISI 2022 RAIH PENGHARGAAN UANG KERTAS TERBAIK DI DUNIA

UANG RUPIAH TAHUN EMISI 2022 RAIH PENGHARGAAN UANG KERTAS TERBAIK DI DUNIA

Uang Rupiah Tahun Emisi (TE) 2022 berhasil dinobatkan sebagai “Best New Banknote Series (seri uang kertas baru terbaik)” pada Currency Award ke-17 di Meksiko pada Selasa 16 Mei 2023.  Penghargaan tersebut diselenggarakan oleh “International Association of Currency Affairs (IACA)” untuk mengapresiasi 7 pecahan uang Rupiah versi baru yaitu pecahan Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp 5.000, Rp2.000, dan Rp1.000.

Uang Rupiah berhasil meraih penghargaan tersebut setelah bersaing dengan 4 finalis lainnya yaitu Bank Sentral Costa Rica, Bank Sentral Meksiko, Bank Sentral Filipina, dan Bank Sentral Bahamas. Sementara itu dilansir dari Bank Indonesia, untuk aspek penilaian pemenang ditentukan melalui kriteria yang mencakup inovasi dan keunikan fitur keamanan, integrasi unsur sejarah dengan konten lokal yang berkaitan dengan negara penerbit, efektivitas dari integrasi fitur keamanan, dan estetika tampilan serta desain uang kertas.

Prestasi uang Rupiah ini merupakan bentuk afirmasi dunia internasional terhadap Uang Rupiah TE 2022 atas kualitasnya yang apik. Kesuksesan uang rupiah di kancah internasional kali ini melanjutkan capaian penghargaan sebelumnya yang telah diraih oleh Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia pecahan Rp75.000 sebagai “Finalis Best Commemorative” pada Currency Award tahun sebelumnya.

Uang Rupiah TE 2022 sendiri resmi diluncurkan oleh Bank Indonesia dan dicetak seluruhnya di dalam negeri oleh Perum Peruri pada 17 Agustus 2022 bertepatan dengan peringatan 77 tahun kemerdekaan NKRI. Dengan tampilan yang baru, Uang Rupiah TE 2022 mengusung tema “Bersatu Dalam Rupiah, Berdaulat di NKRI” dilengkapi adanya tampilan visual pahlawan nusantara, ragam budaya, dan lanskap Nusantara.

Adanya penambahan beberapa unsur seperti desain, pengamanan, dan bahan uang menjadikan uang Rupiah keluaran terbaru lebih indah, aman, serta tahan lama. Selain itu, uang Rupiah baru juga semakin mudah untuk dikenali, sulit dipalsukan, serta memiliki masa edar lebih lama. Hal tersebut sebagai upaya untuk membuat uang Rupiah semakin berkualitas dan terpercaya serta menjadi kebanggaan sebagai alat transaksi yang sah dan simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Penulis            : Diaz Mulya Putri

Sumber           : Dari berbagai sumber

Editor              : Maharani Sabila

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: