Melalui kampanye “Aksi Pilah Sampah” Mahasiswa Ilmu Komunikasi Udinus Ajak Masyarakat Untuk Pintar Membuang Sampah Sesuai Jenisnya

Melalui kampanye “Aksi Pilah Sampah” Mahasiswa Ilmu Komunikasi Udinus Ajak Masyarakat Untuk Pintar Membuang Sampah Sesuai Jenisnya

Semarang, 8 Januari 2023 – Dalam rangka menyambut “2023 Pintar Pilah Sampah” Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nuswantoro melakukan campaign bertema lingkungan dengan nama ‘ASIAP’ (Aksi Pilah Sampah). Kota Lama Semarang menjadi pilihan tempat campaign “Aksi pilah sampah” tersebut. Target audiensnya dari kalangan muda hingga tua.

Saat menyuarakan aksi, mahasiswa Ilmu Komunikasi ini mengelilingi kawasan Kota Lama Semarang menggunakan spanduk dengan harapan dapat menjadi pusat perhatian sekaligus mengedukasi masyarakat yang sedang berkunjung di kawasan Kota lama Semarang untuk membuang sampah sesuai jenis tempat sampahnya.

Selain melakukan kampanye mahasiswa Ilmu Komunikasi Udinus juga melakukan challenge yang salah satu nya yaitu tebak sampah, dimana terdapat dua kantong sampah organik dan non organik, audiens akan diberi tebakan dari sampah yang sedang dibawa kemanakah dirinya harus membuang. Apabila benar maka audiens akan mendapat 1 tangkai bunga mawar merah.

“Kampanye ini dilakukan tidak hanya semata-mata karena mahasiswa Ilmu Komunikasi Udinus ingin mendapat nilai A dari dosen, namun yang paling penting adalah memberikan pesan dan kesan kepada masyarakat di kawasan Kota Lama Semarang agar lebih peduli kepada lingkungan,” ujar Berliana selaku salah satu anggota campaign tersebut.

“Tumpukan sampah yang tidak sesuai jenis tempatnya maka akan sulit terurai. Bayangkan saja apabila sampah plastik yang di biarkan menumpuk di dalam tong sampah non organik maka justru akan menjadi tumpukan sampah yang sulit terurai dan menjadi sumber masalah baru, maka dari itu saya berharap dari campaign dapat mengedukasi sekaligus memberi kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya membuang sampah sesuai jenis tempatnya,” ujar Ricky Aditya Putra selaku koordinator aksi kampanye tersebut.

Penulis: Tim ‘ASIAP’

Editor: Maharani Sabila

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: