Communi-Talk 2023, Berbagai Tips dan Manfaat untuk Terjun ke Dunia Profesional

Communi-Talk 2023, Berbagai Tips dan Manfaat untuk Terjun ke Dunia Profesional

Pembukaan Communi-Talk oleh MC

Communi-Talk 2023 telah berhasil diselenggarakan pada tanggal 07 Januari 2023, di aula gedung E, lantai 3. Seminar yang secara resmi dilaksanakan secara offline ini mengusung tema “Prepare Your Career, Set Your Future” serta menjadi salah satu seminar yang wajib diikuti oleh mahasiswa/i program studi Ilmu Komunikasi, DKV dan Broadcasting yang mengambil mata kuliah Bimbingan karir.

Ada 3 narasumber yang dihadirkan dalam seminar Communi-Talk 2023 ini, diantaranya; Nabilah (Corporate PR Adhya Group), Ramanda M. L. P. Hasibuan, Psi. M.Si SHRM-SCP (Area Manager HC JBT PT Pertamina Patra Niaga) dan Vina Muliana (BUMN Career Professional & Education Content Creator).

Diawali dengan sharing session oleh Nabilah yang ternyata juga seorang alumni Universitas Dian Nuswantoro dalam program studi Ilmu Komunikasi, menjelaskan bahwa pentingnya mempersiapkan diri terutama meningkatkan rasa percaya diri, attitude dan relasi adalah sebuah kunci untuk bisa berkembang di masa depan dengan tanpa meremehkan hal-hal kecil disekitar kita. 

Nabilah, Corporate PR Adhya Group alumni Ilkom Udinus

“Kita juga harus bisa percaya pada diri kita sendiri. Punya prinsip hidup satu saja, percaya diri. Mindset yang kita punya harus diubah. Darimana saja, mindset yang menentukan. Ketika berkenalan dengan orang-orang, menambah relasi, menjaga komunikasi. Dari sanalah segala kesempatan akan datang,” Ungkap Nabilah

Ramanda M. L. P. Hasibuan, Psi. M.Si SHRM-SCP seorang Area Manager HC JBT PT Pertamina Patra Niaga dalam sharing session juga turut mengatakan, “Being different and unique is important and special” dimana sebagai mahasiswa dari sebuah kampus swasta harus menjadi berbeda dan spesial agar bisa dilirik perusahaan besar.

Ramanda M. L. P. Hasibuan

Ramandha juga menambahkan bahwa sebagai seorang pelamar, haruslah paham mengenai kultur yang ada dalam perusahaan yang akan dilamar.

“Corporate culture dari sebuah perusahaan itu sangat penting. Corporate culture juga sering kali berubah sesuai dengan visi dan misi dari perusahaan tersebut. Kita sebagai pelamar pekerjaan dalam sebuah perusahaan harus tau apa saja corporate culture atau bisa disebut sebagai budaya di perusahaan mereka.” Ujar wanita karir tersebut.

Session terakhir adalah sesi yang ditunggu-tunggu oleh para peserta seminar Communi-Talk dimana seorang education content creator hadir untuk berbagai ilmu dan pengalaman, yaitu Vina Maulina. Meski secara hybrid dimana Vina tersambung secara online, Vina tetap membagikan banyak ilmu yang dapat diterapkan ketika melamar kerja.

Sharing Session bersama Vina secara hybrid

“Ada 3 career planning essential. Clarity is to identify your future direction, Competitiveness is to enhance marketability and Connection is about how you connect with employers and alumni,” jelas Vina. 

Dalam sesi tersebut, Vina juga turut membagikan informasi mengenai kompetensi- kompetensi apa saja yang dicari oleh perusahaan.

“8 career readiness competencies ada career & self development, critical thinking, communication, teamwork, leadership, equity & inclusion, professionalism and technology.” Serta memberikan banyak sekali tips-tips membuat CV yang baik.

Mellia sebagai ketua pelaksana mengungkapkan alasan yang melatarbelakangi diadakannya event Communitalk ini ada sebagai sebuah jawaban kepada teman-teman yang masih bingung mempersiapkan diri untuk dunia kerja nanti.

Sambutan ketua pelaksana Melia.

“Latar belakang seminar ini dari mahasiswa sendiri. Banyak sekali mahasiswa yang mengalami keresahan ketika akan terjun ke dunia profesional. Lewat seminar inilah yang menjadi salah satu jembatan bagi mahasiswa dengan narasumber yang kompeten sekaligus mendapatkan gambaran dunia profesional seperti bagaimana bentuk CV, culture perusahaan dan lain-lainnya,” ucap Mellia D. H. Soehardjo selaku ketua pelaksana dari Communi-Talk 2023.

Para peserta nampak antusias mengikuti segala rangkaian kegiatan, hal ini diungkapkan oleh salah satu peserta seminar, Adefatma (mahasiswa Ilmu Komunikasi).

“Seru sekali acaranya dari jam 8 pagi tadi sampai akhir acaranya. Banyak sekali ilmu yang kami dapatkan, terutama gong-nya sendiri tadi adalah Kak Vina,” kata Adefatma, salah satu peserta Communi-Talk 2023.

“Untuk Kak Vina sendiri saya nge-fans jadi saya enjoy sekali dengan adanya acara ini,” lanjutnya diakhiri dengan senyum bahagia di rupa.

Didi salah satu peserta juga mengatakan pendapatnya mengenai event Communitalk ini.

“Dari saya sendiri, saya melihat bahwa acara ini memiliki narasumber-narasumber yang sangat penting bagi mahasiswa dan bermanfaat bagi saya sendiri. Walaupun mungkin saya melihat tadi downtime-nya yang agak lama karena masalah media, tapi saya melihat bahwa memang informasi yang diberikan sangat penting. Jadi, saya tidak masalah untuk menunggu,” ucap Didi, mahasiswa Ilmu Komunikasi, semester 5 tersebut dengan santai.

Penulis: Anastasya Novianti Sanusi

Sumber gambar: Dokumentasi Wartadinus

Editor: Maharani Sabila

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: