AJAK MASYARAKAT UNTUK MENJAGA KEBERSIHAN AIR, MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO MENYUARAKAN CAMPAIGN “SUASANA”

AJAK MASYARAKAT UNTUK MENJAGA KEBERSIHAN AIR, MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO MENYUARAKAN CAMPAIGN “SUASANA”

Pada hari Minggu, 8 Januari 2023 mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nuswantoro melakukan kampanye dengan nama “Suasana” (Bersua dengan Sanitasi dan Air) saat kegiatan CFD (Car Free Day) di Simpang Lima Semarang. Pada kampanye tersebut mereka menyuarakan aksi mereka dengan mengajak masyarakat untuk sadar akan pentingnya menjaga kebersihan aliran air.

“Gerakan Suasana” yang memiliki hashtag #BersuaDenganSanitasiDanAir saat CFD ini dilakukan dengan berkeliling menggunakan spanduk dan mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan terutama pada kebersihan aliran air, selain itu masyarakat juga diajak untuk mengenal tentang air dengan bermain games.

Dibalik indahnya kota Semarang, ternyata masih terdapat beberapa daerah pemukiman di kota yang mengalami kesulitan air bersih. Selain itu juga adanya banjir besar pada akhir-akhir ini yang melanda hampir seluruh wilayah di kota Semarang menjadi sorotan bagi mahasiswa Program Studi llmu Komunikasi untuk mengampanyekan “Gerakan Suasana”.

Tim Suasana (Bersua dengan Sanitasi dan Air)

Seperti yang disampaikan Daffa Prasetyo selaku koordinator aksi tersebut, “Kegiatan campaign ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan air karena dilihat dari banyaknya kasus tentang kesulitan air bersih serta terjadinya banjir di hampir seluruh wilayah kota Semarang pada akhir-akhir ini.”

Karena kampanye “Gerakan Suasana”  ini berkolaborasi oleh Kaureen Store Fashion, maka masyarakat yang berpartisipasi bisa mendapatkan voucher diskon 10% dan juga air minum gratis saat CFD. Selain menyuarakan campaign mereka saat CFD, tim Suasana juga melakukan aksi nyata dengan membersihkan aliran air yang tercemar oleh sampah di kawasan pemukiman warga di daerah Surtikanti pada sore hari.

Tim Suasana membersihkan aliran air di daerah Surtikanti

“Banyaknya aliran air yang tersumbat oleh sampah dan pencemaran air di sungai menyebabkan bau yang tidak sedap dan kadang sering banjir kalau hujan, memang perlu adanya gerakan seperti ini untuk mengurangi timbunan sampah di aliran air” ujar Nanik Suryani (80), salah satu warga daerah Surtikanti.

Kegiatan tersebut didukung oleh warga sekitar, mereka berharap adanya campaign ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan air agar dapat meminimalisir adanya banjir dan pencemaran sampah pada aliran air.

Penulis dan sumber gambar: Tim Suasana

Editor: Katarina Setiawan

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: