Rekomendasi 5 Film Tentang Pahlawan yang Cocok Disaksikan pada Hari Pahlawan!

Rekomendasi 5 Film Tentang Pahlawan yang Cocok Disaksikan pada Hari Pahlawan!

Perjuangan pahlawan di Indonesia untuk mencapai kemerdekaan tidaklah mudah. Keringat demi keringat, darah demi darah, lelah serta letih mereka lalui demi meraih sebuah Kemerdekaan. Semua perjuangan mereka kini diingat dan diabadikan dengan ditetapkannya Hari Pahlawan Nasional setiap tanggal 10 November. Tak hanya itu, sejarah perlawanan pahlawan di Indonesia membuat industri film terinspirasi untuk mengangkat kisah mereka menjadi sebuah dokumenter film yang apik.

Untuk mengingat perjuangan pahlawan Indonesia, berikut merupakan beberapa rekomendasi film yang cocok ditonton saat Hari Pahlawan diantaranya:

  1. Kadet 1947 (2021)
Poster Film Kadet 1947 (Sumber: Karawang Pos)

Film ini menceritakan tentang suatu peristiwa sejarah pada misi penerbangan udara. Namun, penerbangan ini tidak dilakukan oleh penerbang AURI (Angkatan Udara Republik Indonesia) melaikan oleh para kadet yang artinya calon penerbang. Para kadet tersebut melancarkan serangan kepada markas pertahanan Belanda di 3 kota yaitu Semarang, Salatiga, dan Ambarawa. Peristiwa tersebut terjadi pada tanggal 29 Juli 1947.

2. Merah Putih (2009)

Poster Film Merah Putih (Sumber: Tribun Wiki)

Merah Putih berlatarkan peristiwa di Barak Bantir, Semarang, Jawa Tengah. Film ini mengisahkan tentang para kadet yang selamat dari pembantaian yang dilakukan oleh Belanda. Mereka melawan Belanda yang akhirnya menjadi ujung Perang Gerilya.

3. Habibie Ainun (2012)

Poster Film Habibie Ainun (Sumber: Hotstar)

Film yang menceritakan tentang romantisme percintaan mantan presiden Indonesia (B.J Habibie) dengan kekasihnya (Ainun Habibie) ini merupakan sebuah film yang sangat terkenal di kalangan pecinta film Indonesia. Tidak hanya soal cinta, nilai pendidikan pada film ini juga sangat menonjol.

4. Soekarno (2013)

Poster Film Seokarno (Sumber: Pos-Kupang)

Film Soekarno menceritakan tentang perjalanan presiden pertama Indonesia mencapai kemerdekaan. Soekarno sempat diasingkan ke Pulau Ende hingga Bengkulu demi memperjuangkan bangsa Indonesia untuk mendapatkan kemerdekaan. Film berdurasi 2 jam 17 menit ini dibalut dengan kisah cinta Soekarno sampai perjuangannya dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

5. Kartini (2017)

Poster Film Kartini 2017 (Sumber: IMDb)

Siapa yang tidak mengenal Kartini, seorang pahlawan wanita yang wajib dikenal di Indonesia? Film ini mengemas dengan baik kisah Kartini dalam memperjuangkan hak perempuan Indonesia agar mendapat kesetaraan yang sama. Berlatar tahun 1900-an di mana kaum perempuan tidak mendapatkan hak pendidikan yang sama dengan kaum laki-laki.

Lima film karya sutradara Indonesia di atas bisa ditonton pada platform OTT resmi yang sudah tersedia. Faktanya, dengan menonton sebuah film di platform resmi kita sudah mengapresiasi dan menghargai karya tersebut. Semoga, kita dapat belajar dan merasakan betapa beratnya perjuangan para pahlawan dalam melindungi Tanah Air dengan menonton film-film yang telah direkomendasikan. Selamat menonton dan Selamat Hari Pahlawan Nasional 2022.

Penulis: Faizah Zulfa

Sumber gambar: Freepik.com

Editor: Mayang Luh Jinggan

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: