KAMU MENGALAMI ASAM LAMBUNG? INI DIA BAHAYA ASAM LAMBUNG YANG WAJIB KAMU TAHU!

KAMU MENGALAMI ASAM LAMBUNG? INI DIA BAHAYA ASAM LAMBUNG YANG WAJIB KAMU TAHU!

Pernah tidak Anda merasakan rasa panas dan tidak nyaman di sekitar dada, perut, dan kerongkongan? Bisa jadi Anda terkena asam lambung.

Asam lambung merupakan penyakit yang kerap dialami oleh orang-orang di sekitar kita baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Dalam kadar normal, asam yang dihasilkan lambung berguna agar pencernaan kita berjalan dengan baik dan semestinya karena asam berfungsi untuk memecah protein, mencegah infeksi dan keracunan makanan serta memastikan penyerapan vitamin B12. Asam lambung yang terlalu berlebihanlah yang menyebabkan rasa tidak nyaman dan bisa menjadi berbahaya bila terjadi sangat sering hingga ditakutkan menyebabkan komplikasi.

Gejala penyakit asam lambung biasanya berupa rasa nyeri dan panas (terbakar) di bagian dada dan perut, mulut terasa asam, mual, sesak nafas, Gejala-gejala ini berpengaruh pada Anda juga sehingga memunculkan keadaan kesulitan menelan, muntah-muntah, bau mulut, dan radang.

Banyak yang dapat menjadi faktor penyebab naiknya asam lambung, diantaranya adalah makan makanan yang terlalu pedas dan asam, pola makanan yang tidak teratur dan tidak sehat, langsung telentang setelah makan, merokok, dan stress berlebihan.

Berikut merupakan beberapa cara untuk mencegah naiknya asam lambung:

  1. Makan sayur-sayuran, karena secara alami sayur rendah lemak, rendah gula, dan dapat mengurangi asam lambung.
  2. Mengurangi konsumsi minuman beralkohol, berkarbonasi dan berkafein tinggi.
  3. Tidak merokok
  4. Usahakan tidak berbaring setelah makan
  5. Berolahraga secara teratur
  6. Tidak memakan makanan yang terlalu asam dan pedas dalam kurun waktu yang sering
  7. Mengatur porsi makanan yang bergizi dan seimbang.
  8. Hindari stress

Selain itu beberapa bahan makanan ini pun dipercaya dapat menurunkan asam lambung:

  1. Jahe, karena memiliki sifat anti-inflamasi yang menjadi pengobatan alami penyakit asam lambung, maag, dan masalah pencernaan lainnya.
  2. Oatmeal, kaya serat yang sangat baik bagi pencernaan dan merupakan makanan diet serat yang berkaitan dengan risiko penurunan asam lambung.
  3. Pisang banyak mengandung serat larut yang berfungsi mendorong makanan melewati pencernaan sehingga makanan tidak menumpuk di lambung
  4. Melon yang mengandung magnesium yang juga ditemukan dalam obat asam lambung sehingga buah ini menjadi salah satu buah yang baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung.
  5. Daging dan seafood tanpa lemak sangat dianjurkan untuk dikonsumsi penderita asam lambung karena mencegah terjadinya refluks lambung. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, salah satu fungsi asam lambung adalah untuk memecah protein.

Asam lambung memang penyakit yang dapat ditangani di rumah saja. Namun jika asam lambung pun dapat menjadi penyakit berbahaya yang mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Sehingga bila frekuensi asam lambung dirasa terlalu berlebihan dan tidak nyaman, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter dan mendapat penanganan secara medis.

Penulis: Katarina Setiawan

Editor: Riska Marcela
Sumber gambar: Tribun jogja

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: