PEMIRA Sudah Dekat, Persaingan Semakin Ketat!

PEMIRA Sudah Dekat, Persaingan Semakin Ketat!

Semua orang memiliki hak untuk memilih, salah satunya mahasiswa. Hak tersebut diterapkan dalam acara pemilihan umum baik di dalam kampus ataupun di luar kampus seperti PEMIRA. PEMIRA (Pemilihan Umum Raya) sendiri merupakan suatu acara demokrasi pemilihan umum yang diadakan di Perguruan Tinggi.  Hal ini dapat melatih asas LUBER JURDIL dalam diri mahasiswa. Kini PEMIRA 2022 semakin dekat, sudah banyak paslon yang gencar berkampanye. Dengan berakhirnya masa jabatan kepengurusan suatu organisasi/lembaga di UDINUS, PEMIRA tahun ini resmi diadakan untuk menggantikan kepengurusan sebelumnya. Inilah saatnya bagi para mahasiswa untuk segera menentukan pilihannya.

Melalui akun Instagram @kpurudinus, UDINUS telah mengumumkan kandidat-kandidat yang akan mencalonkan diri pada PEMIRA 2022. Acara yang telah dinantikan oleh warga UDINUS ini akan diselenggarakan pada bulan Juni-Juli.

Untuk Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden sendiri terdapat 3 pasangan calon yaitu kandidat 1 Aufa Marzuq-Alif Maulana, kandidat 2 Moh. Atho’urrohman-Fransisca Ayu, dan kandidat 3 Alif Fathurrahman-Dicky Setiawan. Untuk calon ketua DPM-KM terdapat 2 kandidat yaitu Tito Wira Eka dengan urut 1 dan Dimas Dwiky Putranto kandidat nomor urut 2. Pasangan calon kandidat Cagub dan Cawagub untuk FEB dari nomor urut 1 Hanif Fachri-Ifnu Setya dan pasangan nomor urut 2 Alifia Firmanda-dandy Aprilya. Dari Fakultas Teknik terdapat 3 kandidat yaitu paslon urut 1 Faizal Latif-Diella Neysa, paslon urut 2 Rayhan Alffard-Ahmad Nashir dan pasangan urut 3 Siti Nurhimiyati-Abdul Karim. Dari Fakultas Ilmu Komputer ada paslon nomor urut 1 dengan Dewi Margareta-Sayyid Rizky dan paslon urut 2 oleh Xunduz Taffany-Albion Mabel. Untuk kandidat Cagub dan Cawagub FKes nomor urut 1 terdapat Agil Farudi-Diva Chantya sedangkan paslon urut 2 oleh Muhammad Amar- Rika Juniar. Dan 2 kandidat Cagub dan Cawagub FIB paslon urut 1 oleh Syafiq Hariyanto-Anastasia Apsari dan urut 2 oleh Yolanda Marcela-Petter Hans.

Saat ini, proses kampanye oleh para kandidat paslon masih berlangsung dari tanggal 16 Juni sampai 28 Juni 2022 untuk mempromosikan diri mereka masing-masing. Para kandidat tentunya akan mencari cara sebanyak mungkin dengan melakukan berbagai hal untuk mendapatkan atensi serta dukungan dari orang-orang di sekitar mereka. Dari sinilah, kejujuran sebagai mahasiswa akan diuji dan dilihat dalam memilih dan menjadi pemimpin.

Sebelum dilakukan pemungutan suara, akan diadakan debat kandidat untuk melihat siapa yang lebih berpotensi meraih suara terbanyak pada PEMIRA tahun ini. Debat kandidat dilaksanakan setelah masa tenang yaitu pada tanggal 1 Juli hingga 2 Juli tahun 2022. Masa debat kandidat paslon berperan penting dalam PEMIRA karena visi misi yang mereka bawa akan berpengaruh dalam meraih suara mahasiswa serta selaras atau tidaknya dengan program kerja yang akan dibawa untuk masing-masing fakultas. Kemudian, proses pemungutan suara PEMIRA 2022 ini dilaksanakan pada tanggal 4 Juli sampai 27 Juli 2022 dan pengumuman hasil PEMIRA 2022 jatuh pada tanggal 21 Juli 2022. 

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: