PENGARUH GADGET PADA MASYARAKAT SAAT INI

Wartadinus.com – Di era seperti sekarang, segala sesuatu dapat diselesaikan dengan cara-cara yang mudah dan instan. Hal tersebut merupakan dampak dari teknologi yang berkembang. Teknologi sendiri merupakan sesuatu yang bermanfaat untuk mempermudah semua urusan dan pekerjaan manusia.

Perkembangan teknologi dan informasi mengalami peningkatan yang pesat di masyarakat, dapat ditandai dengan adanya kemajuan pada bidang teknologi dan informasi. Masyarakat Indonesia ikut terlibat dalam kemajuan media informasi dan teknologi. Dengan meningkatnya penggunaan ponsel atau perangkat keras lainnya, mengambil peningkatkan dari waktu ke waktu. Saat ini kurang lebih 45 juta menggunakan internet, dimana sembilan juta diantaranya menggunakan ponsel untuk mengakses internet. Jumlah ini akan semakin bertambah karena terjangkaunya harga dari ponsel cerdas.

Sumber: Pati news

Menjadi salah satu alat komunikasi yang paling berkembang pada saat ini di Indonesia gadget merupakan barang yang hampir dimiliki oleh setiap orang baik kalangan tua maupun kalangan muda bahkan anak-anak di bawah umur pun sudah banyak yang memilikinya. Pengguna gadget di Indonesia bertumbuh sangat pesat ditandai dengan berita yang dikemukakan media bahwa Indonesia termasuk dalam 10 negara pengguna gadget di dunia.

Dalam survei yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) yang bekerja sama dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJJII), tercatat bahwa pengguna internet di Indonesia hingga akhir tahun 2013 mencapai 71,19 juta pengguna, survei ini dilakukan pada 78 kabupaten atau kota dan 33 provinsi. Jumlah tersebut mengalami kenaikan dibandingkan dengan hasil survei tahun 2012 yaitu sebanyak 63 juta pengguna.

Kemajuan teknologi memberikan dampak positif yang besar bagi para penggunanya dengan adanya gadget manusia dapat dengan sangat mudah mencari informasi yang mereka butuhkan juga dapat mempermudah dalam bidang pekerjaan dengan adanya aplikasi-aplikasi yang pintar yang terdapat pada gadget seperti akses internet, sms, media sosial, game, dan lain-lain.

Meningkatnya penggunaan gadget di Indonesia dikarenakan banyaknya gadget yang dijual dengan harga yang murah yang sudah berbasis android maupun iOS. Dampak negatif kepada para penggunanya adalah menyebabkan penggunanya lebih bersikap individualis. Bisa dikatakan manusia individualis karena menyebabkan lupa berkomunikasi dan berinteraksi terhadap lingkungan disekitarnya.

Penulis: Diandra Female

Editor: Riska Marcela

Sumber: dari berbagai sumber

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: