PENDIDIKKAN KARAKTER MELALUI DONGENG YANG TERKENAL DI INDONESIA

Indonesia, kaya akan budaya dan adat istiadat begitu pula dengan cerita-cerita dongeng. Ada banyak sekali cerita dongeng yang mungkin tidak asing kita dengar selama ini. Salah satu cerita dongeng yang tidak asing didengar oleh kita yaitu ‘Si Kancil. Ya dongeng ini mengisahkan seekor kancil yang sangat cerdik dan suka membantu teman-teman hewanya. Kancil ini mempunyai akal yang pintar untuk mengelabui mangsa yang berniat jahat kepadanya.. lalu untuk apa dongeng sebenarnya diciptakan? Sebenarnya dongeng adalah kisah dimana hal yang tidak benar-benar terjadi. Namun dongeng tersebut penuh dengan pesan moral dan sindiran terhadap sesuatu.

Lalu ada juga dongeng yang mungkin kita tidak asing mendengar yaitu dongeng ‘ merah dan Bawang putih ’.. Dongeng ini juga mengisahkan dimana seorang gadis cantik dimana ia ditinggalkan oleh ayah kandungnya lalu ia dirawat ibu dan saudara tirinya. Namun naasnya ibu tiri dan saudara tirinya sangat jahat kepadanya. Untungnya ada seorang ibu peri menolongnya hingga akhirnya cinderella pun menikah dan hidup bahagia.

Sebenarnya ada banyak sekali dongeng yang terkenal di indonesia. Namun pada dasarnya kita bisa mengutip bahwa dongeng sangat baik untuk anak. Baik bagi pembentukan karakter, etika serta mental agar tumbuh dengan pesat serta tertata. Oleh karena itu dongeng sangat dominan untuk kalangan anak-anak. Maka dari itu, mari lestarikan dongeng indonesia dan kenal serta ajarkan mereka pendidikan karakter mulai dari sekarang.

Penulis : Rori Nahla Oktaviani

Editor : Vashti Bidadari

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: