BUNKASAI UDINUS JADI AJANG KENALKAN BUDAYA JEPANG DAN SASJEP UDINUS

BUNKASAI UDINUS JADI AJANG KENALKAN BUDAYA JEPANG DAN SASJEP UDINUS

Bunkasai merupakan program kerja Hikari Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) yang diadakan setiap tahunnya. Tahun ini dengan mengusung tema ‘Kyoto no Hanafubuki’ berlangsung selama dua hari Sabtu dan Minggu, 15-16 Februari 2020.

Bunkasai yang merupakan festival budaya jepang tersebut di adakan di halaman parkir gedung G Udinus. Dilaksanakan oleh Hikari Udinus yang merupakan Himpunan Mahasiswa (HM) Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Udinus. Dengan menghadirkan tiga bintang tamu, yaitu DDM X Monolite dan DJ Hiramaki. Kemudian yang menjadi puncak kemeriahan yaitu penampilan bintang tamu spesial JKT 48 ‘Team J’. Acara tersebut dibuka oleh Hikari Udinus dengan menampikan Omikoshi dan Soran Bushi. Dilanjutkan dengan sambutan Yonathan Pradana Putra selaku ketua pelaksana, Dr. Raden Arief Nugroho SS., M.Hum, selaku dekan FIB dan juga Dr Kusni Ingsih, M.M, selaku Wakil Rektor Bidang III Kemahasiswaan.

Yonathan Pradana selaku ketua pelaksana berupaya mengenalkan sastra jepang dan juga Udinus pada masyarakat umum. Bunkasai juga menjadi momen bagi mahasiswa untuk mengembangkan softskill mereka. “Jadi mahasiswa tidak hanya belajar bahasa jepang dan budayanya secara teori saja, tapi bisa di implementasikan langsung melalui Bunkasai ini,” tuturnya.

Selain itu, Bunkasai Udinus terdapat 7 perlombaan yang terbuka untuk umum. Dari mulai menggambar manga, cosplay, sing cover, dance cover, photography dan juga seiyuu. “Dari perlombaan yang ada, sing cover dan juga dance cover yang menja9di minat dengan peserta yang cukup banyak. Tahun ini kami menargetkan 5000 pengunjung selama dua hari ini,” tambah Yonathan yang juga mahasiswa sastra jepang angkatan 2018.

Dalam kegiatan tersebut juga terdapat 36 stand yang berisikan stand komersil, makanan khas jepang, merchandise khas jepang hingga komunitas. Ada juga sepuluh performa spesial yang ditampilkan di panggung utama, antara lain Noyushimi, Blackpearl, Giga of Spirit dan masih banyak lagi. Hanya dengan mengeluarkan biaya 25 ribu pengunjung dapat menikmati kemeriahan Bunkasai Udinus selama dua hari.

Sementara itu, dalam sambutannya Dr. Raden Arief Nugroho SS., M.Hum, selaku dekan FIB turut mengucapkan terimakasihnya. Bunkasai Udinus merupakan salah satu festival jepang yang terkenal hingga skala nasional. “Semua ini tidak dapat terwujud tanpa adanya dukungan dari semua pihak yang sudah berkontribusi pada Bunkasai kali ini. Semoga setiap tahunnya bisa menampilkan penampilan dan juga bintang tamu yang lebih keren lagi,” ungkapnya.

Penulis : Haris Rizky Amanullah
Fotografer : Shaqila Angra Prameswari
Editor : Mila Elmeida

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: