LOMBA COMMDISE, JADI AJANG PUBLIC SPEAKING UNTUK MAHASISWA

LOMBA COMMDISE, JADI AJANG PUBLIC SPEAKING UNTUK MAHASISWA

Dinus Fest merupakan rangkaian kegiatan lomba antar SMA/SMK se-derajat juga berbagai macam expo yang diselenggarakan oleh Universitas Dian Nuswantoro tiap tahunnya. Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HM-ILKOM) Udinus menyelenggarakan lomba COMMDISE (Communication Paradise) pada Selasa (21/01) berlokasi di gedung H lantai 1. Lomba yang diselenggarakan ialah lomba news anchor dan stand up comedy.

Perlombaan tersebut dibuka dengan sambutan dari Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Udinus, Dr. Yuventius Tyas Catur Pramudi SSi, M.Kom. Beliau berharap lomba ini bisa menjadi ajang bagi para peserta untuk menampilkan performa terbaiknya.

Salah satu lomba yang diselenggarakan ialah, News Anchor. Terdapat dua kategori, yakni untuk pelajar SMA sederajat dan mahasiswa. Materi yang dibawakan oleh peserta  ialah mengenai Konvergensi Budaya dan Industri Kreatif, tanpa mengandung unsur SARA dan Pornografi.

Para peserta diberikan waktu 10 menit untuk menyampaikan materinya di depan para dewan juri. Ketentuan penilaian yang dipertimbangkan oleh para dewan juri yakni mengenai materi atau naskah yang dibawakan, kemampuan public speaking, dresscode, ketepatan waktu, juga penguasaan materi dan intonasi para peserta.

Clarissa Yovanda selaku peserta news ancor mengungkapkan, sangat senang dengan diadakannya lomba ini, karena di Semarang, news anchor sangat jarang untuk dikompetisikan. “Saya yang bukan mahasiswa ilmu komunikasi, senang bisa menyalurkan hobi seperti ini, apalagi saya merupakan mahasiswa Program Studi Matematika, merasa tertantang,” ucap Clarissa.

Melalui lomba news anchor ini, diharapkan para peserta dapat memberikan kontribusinya untuk mengasah mental dan kualitas public speaking, serta mengeksplorasi diri dengan berani berkompetisi. salah satu perserta siswi dari SMK Negeri 4 Semarang, Tata juga mengaku senang. “Saya sangat senang, ini pertama kali mengikuti lomba news anchor. Ini melatih kepercayaan diri dan public speaking saya,” tegasnya.

Pada kategori pelajar, lomba News Anchor dimenangkan oleh Kentanasya Karunia Salwa (SMA Negeri 1 Pati) sebagai juara pertama, lalu disusul oleh Satria Febri Abiansyah (SMK Negeri Jawa Tengah) sebagai juara kedua, dan Rahma Danyana (SMKN 4 Semarang) sebagai juara ketiga.

Sementara itu, untuk kategori Mahasiswa, Universitas Wahid Hasyim memborong sekaligus sebagai juara pertama oleh Restu Afrianto Rahman, juara kedua oleh M. Naufalilfkar, dan juara ketiga oleh Danny Arno Saputro.

Penulis : Rafi Syauqie Arjuna
Editor : Hanifatul Hashinah Hanan

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: