SELURUH MAHASISWA UDINUS SERENTAK KENAKAN BATIK

SELURUH MAHASISWA UDINUS SERENTAK KENAKAN BATIK

Seluruh Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) mengenakan batik dalam memperingati hari Batik Nasional pada Rabu(2/10/2019). Ini merupakan wujud nyata dari kampus bahwa seluruh mahasiswanya masih mencintai budaya Indonesia.

Kegiatan tersebut sangat bagus untuk membiasakan orang memakai batik setiap hari, karena kebanyakan anak muda enggan memakai batik, dinilainya kurang fashionable. Dalam adanya hari Batik Nasional, diharapkan millenials mengenal lebih banyak motif dan corak batik nasional.

Ufan Faudhil selaku mahasiswa Ilmu Komunikasi (Ilkom) mengaku sangat mencitai corak batik yang ada di Indonesia. Ia mengatakan jika batik menarik dan beberapa motifnya bisa membuat orang pemakainya anggun. “Saya mencintai batik karena keindahannya, terutama corak batik yang beragam membuat pemakainya menjadi anggun. Saya mengapresiasi udinus yang juga ikut menyukseskan hari Batik Nasional dengan cara dosen dan pegawai juga memakai batik” Pungkasnya.

Udinus juga menerapakan motif batik pada pakaian karyawan mereka. Penggunaan motif batik juga ditujukan supaya budaya Indonesia terus dikenal dan dibanggakan. Hal tersebut juga mengajarkan para mahasiswa supaya ikut mencintai budaya Indonesia, seperti batik.

Dosen dan pegawai Udinus juga mengenakan batik, mereka menyanggah pemikiran millenials yang menganggap batik itu kuno dan tidak bisa dikreasikan. Batik zaman sekarang motifnya sudah mengikuti perkembangan fashion yang sudah dikreasikan supaya lebih modis. “Dengan adanya hal ini, kami bisa melestarikan budaya indonesia, saya saat ini sedang memaikai batik dari jepara motifnya terinspirasi dari tenun troso, dan menurut saya batik zaman sekarang sudah mengikuti fashion jadi bisa dengan mudah dikreasikan bentuk dan modelnya. Tidak seperti batik dahulu yang motif, warnanya hanya itu saja, sekarang jauh lebih berkembang” Tutur Rini salah satu pegawai udinus yang ditemui di Gedung H.

Penulis : Shabrina Edelweiss

Fotografer : Humas Udinus

Editor : Haris Rizky Amanullah

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: