KSRP Udinus Gelar Kegiatan Donor Darah dan Cek Kesehatan Gratis saat Ramadan

KSRP Udinus Gelar Kegiatan Donor Darah dan Cek Kesehatan Gratis saat Ramadan

Korps Suka Rela PMI Universitas Dian Nuswantoro (KSRP Udinus) Semarang kembali menggelar kegiatan donor darah dan cek kesehatan gratis pada Rabu, 27 Maret 2024. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap 3 bulan sekali di Ruang Serbaguna Gedung D lantai 1 Udinus, karena bagian dari upaya untuk membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya donor darah dan kesehatan Masyarakat.

Menyadari pentingnya kesiapan dalam menggelar kegiatan ini, Ketua Pelaksana Eliya Mandasari, menjelaskan,

“Persiapannya kurang lebih satu minggu dari nyiapin tempat peminjaman ruang terus menghubungi UDD, pihak PMI, sama nyusun acaranya. Kita bekerja sama dengan PMI sama cek kesehatan gratis.”

Menyelenggarakan donor darah selama bulan puasa memang menjadi tantangan tersendiri.  Eliya mengungkapkan,

“Mengadakan donor darah pada bulan puasa agak struggle, soalnya bulan puasa dan sangat menantang karena mengajak orang buat donor darah pada bulan puasa. Susah karena ada yang berpikiran kalau donor darah pada bulan puasa dosa karena mengeluarkan darah terus ada yang berpikiran lagi kalau donor darah nanti lemas.”

Annisa Nurul, mahasiswa yang turut serta dalam mengecek kesehatannya memberikan kesannya terhadap kegiatan tersebut. “Aku lebih aware lagi sama kesehatan aku, dan lebih jadi tau hasil kesehatan aku ini, bagaimana saja gitu, dan apa saja yang perlu diperbaikin gitu,” ungkapnya.

Annisa juga memberikan pesan, “Semoga lebih banyak lagi ke depannya yang mengikuti kegiatan ini dan lebih aware sama kesehatannya.”

Setelah kegiatan dilaksanakan, Eliya mengonfirmasi bahwa hari ini berhasil mendapatkan sebanyak 34 kantong darah. Angka ini bisa dibilang lebih rendah dari sebelumnya, mengingat beberapa orang mungkin menghindari donor darah saat berpuasa.

Meskipun demikian, 34 orang yang berpartisipasi menunjukkan langkah positif dalam mendukung ketersediaan darahnya bagi mereka yang membutuhkan dan kepedulian mereka terhadap kesehatan.

Dengan demikian, kegiatan donor darah dan cek kesehatan gratis yang diselenggarakan oleh KSRP Udinus pada bulan puasa ini tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi peserta, tetapi juga memberikan edukasi dan kesadaran yang lebih luas tentang pentingnya kesehatan dan donor darah bagi masyarakat.

Penulis: Aiska Muti Salsabila

Gambar: Dokumentasi Wartadinus (Aiska Muti Salsabila)

Editor: Rahma Fadila Rahayu

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: