Kemensosmas BEM KM Adakan “Ramadhan Merangkul”, Wadah Untuk Meningkatkan Rasa Kemanusiaan

Kemensosmas BEM KM Adakan “Ramadhan Merangkul”, Wadah Untuk Meningkatkan Rasa Kemanusiaan

Kementerian Sosial Masyarakat (Kemensosmas) Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) mengadakan “Ramadhan Merangkul” di Panti Asuhan Nur Hidayah Semarang pada hari Sabtu, 23 Maret 2024.

Ramadhan Merangkul merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh Kemensosmas. Pada tahun ini ada kegiatan berbagi, buka puasa bersama, bercerita, dan bermain bersama anak-anak Panti Asuhan Nur Hidayah Semarang.

“Ramadhan Merangkul adalah bagian dari kegiatan rutin tahunan Kemensosmas yang dilaksanakan di panti asuhan. Pada tahun ini, kita berada di Panti Asuhan Nur Hidayah Semarang. Jadi, kegiatannya itu berbagi bersama anak panti, berbuka bersama anak panti, bercerita, dan main bareng,” Ungkap Qaiza Salsabila Zahra sebagai ketua pelaksana.

Kegiatan ini juga dilakukan dengan Atap Kemasyarakatan yang merupakan wadah untuk menyalurkan serta melakukan pergerakan kolaborasi sosial yang menghimpun beberapa UKM dan Ormawa di Udinus. Tujuan acara ini untuk membantu menyalurkan bantuan kepada masyarakat dan menjalankan fungsi bidang Kemensosmas yang berhubungan dengan kegiatan sosial.

“Atap Kemasyarakat itu yang menaungi open donasi UKM dan Ormawa yang ada di UDINUS. Jadi, kalau mereka ada open donasi nanti konfirmasinya ke bagian kami. Atap Kemasyarakatan pun berkolaborasi dengan biro kemahasiswaan karena rekening yang digunakan adalah kemahasiswaan UDINUS” jelas Avel Jelang Ramadhani sebagai penanggung jawab Atap Kemasyarakatan

Acara dibuka dengan pembacaan doa oleh pemilik panti. Kemudian, dilanjut dengan mini games bersama adik-adik panti dan ditutup dengan buka bersama (Bukber). Di akhir acara, terdapat penyerahan donasi berupa uang dan barang yang diberikan kepada pihak panti asuhan.

Pelaksanaan acara ini dipersiapkan dengan baik mulai dari proses survey tempat panti asuhan hingga pengumpulan massa yang akan ikut berpartisipasi. Saat diwawancarai di tempat, Salma Shafira Fatya A sebagai salah satu koordinator Kemensosmas mengungkapkan hanya ada beberapa kendala terkait persiapan acara.

“Kalau kendala sih pasti ada, seperti teman-teman yang tiba-tiba ingin join dan cancel kehadiran, jadi kita kan udah terlanjur mengubah kuota massa-nya tapi bahkan sampai hari ini ada yang cancel juga” ucapnya.

Kemensosmas mengaku puas atas kelancaran kegiatan “Ramadhan Merangkul” ini, namun disamping itu tetap melakukan evaluasi untuk kedepannya.

“Terimakasih sudah membantu, terimakasih sudah turut serta, kedepannya mari kita bersinergi mengabdi untuk negeri” tutup Salma.

Penulis: Cantika Caramina dan Hilyana Arieandhien

Sumber foto: Cantika Caramina dan Hilyana Arieandhien

Editor: Rahma Fadila Rahayu

Related Post

KPUR Gelar Debat Pemira 2024

KPUR Gelar Debat Pemira 2024

Komisi Pemilihan Umum Raya (KPUR) menyelenggarakan program kerja tahunan, yakni Debat Pemira. Kegiatan berlangsung pada…

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: