5 Tips Manajemen Waktu yang Baik Agar Keseharian Lebih Produktif

5 Tips Manajemen Waktu yang Baik Agar Keseharian Lebih Produktif

Di tengah kesibukan yang melanda, terkadang seseorang merasa kebingungan dalam memprioritaskan tugas yang hendak dikerjakan terlebih dahulu. Seseorang juga menanyakan apakah mereka sudah melakukan hal yang produktif atau belum. Untuk melakukan hal tersebut, perlu sebuah kemampuan untuk fokus dalam memprioritaskan sebuah tugas. Dalam mencapai tugas-tugas yang dikerjakan, tentu saja kita harus paham betul mengenai manajemen waktu.

Manajemen waktu didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk merencanakan dan menggunakan waktu semaksimal mungkin. Untuk melakukan suatu tugas tentu saja perlu mengontrol waktu dalam batas tertentu agar terjadi manajemen waktu yang efisien dan efektif. Nah, berikut adalah tips untuk memanajemen waktu yang dapat diterapkan dalam rutinitas sehari-hari:

  1. Membuat to-do list

Hal sederhana yang harus dilakukan adalah membuat daftar kegiatan / tugas yang akan dikerjakan dalam sehari. Ini akan membantu mengorganisir setiap rencana yang akan dilakukan sehingga kamu akan lebih teratur dalam menyelesaikan kegiatan tersebut.

  1. Prioritaskan tugas penting terlebih dahulu

Cara ini akan membantu dalam menciptakan kerangka yang terstruktur untuk meningkatkan produktivitas serta efisiensi waktu saat berkegiatan. Dengan mengetahui skala prioritas maka akan semakin fokus dalam mengerjakan sesuatu.

  1. Menetapkan batasan waktu

Untuk menjaga konsentrasi, maka dibutuhkam batas waktu dalam mengerjakan tugas. Teknik yang sering digunakan adalah Pomodoro yaitu 25 menit bekerja dan 5 menit digunakan untuk istirahat.

  1. Hindari menunda-nunda pekerjaan

Menunda-nunda pekerjaan adalah hal yang paling dihindari ketika ingin mewujudkan keseharian yang produktif. Kecenderungan ini dapat diatasi dengan menyelesaikan tugas yang dirasa sulit terlebih dahulu sehingga akan lebih merasa lega.

  1. Berani untuk mengatakan “tidak”

Mulailah mengatakan “tidak” pada kegiatan yang tidak terlalu penting. Ini akan membuatmu terjebak oleh tanggung jawab tambahan dan akan membuang-buang waktu. Oleh karena itu, fokuslah pada kegiatan yang penting saja.

Ke-lima tips diatas akan membantu kalian dalam memanajemen waktu yang baik dan sesuai porsinya. Memang di awal akan terasa sulit, namun lama kelamaan akan merasakan manfaat dari manajemen waktu yang baik. Maka dari itu, teruslah belajar untuk memanajemen waktu yang baik agar rutinitas keseharian menjadi lebih produktif.

Penulis: Hilyana Arieandhien

Sumber : Unsplash.com

Editor: Rahma Fadila Rahayu

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: