Meriahnya Loptasiku di DinusFest 2024: Ajang Unjuk Diri dan Kreativitas dalam PBB

Meriahnya Loptasiku di DinusFest 2024: Ajang Unjuk Diri dan Kreativitas dalam PBB

Dian Nuswantoro Festival (Dinusfest) 2024 yang digelar Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) dimeriahkan oleh lomba-lomba garapan mahasiswanya. Salah satunya adalah Lomba Cipta Kreasi Paskibra Kampus Udinus (Loptasiku) ke-8 yang digelar pada hari Sabtu, 27 Januari 2024.

Pada lomba kali ini, Loptasiku mengusung tema “The Gallant Troops From Nusantara”. Sebanyak 13 tim SMA/SMK/MA se-Jawa Tengah menunjukkan kemampuannya dalam melakukan PBB dan kreativitas mengolah variasi serta formasi pasukan lomba.

Sambutan diberikan oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Kusni Ingsih, S.E., M.M. saat apel pembukaan. Beliau hadir sebagai perwakilan Udinus untuk mengucapkan terimakasih, memberikan semangat, dan pesan terhadap para peserta.

“Selamat berlomba dan kita jaga sportifitas karena semua yang ada disini pasti sudah jadi pemenang, kita hanya tinggal mengambil mana yang lebih baik diantara kalian. Selanjutnya saya berharap adik-adik juga menjalin jaringan yang luar biasa disini,” tambah Dr. Kusni Ingsih S.E., M.M. yang mendukung Loptasiku semakin bertambah peserta di tahun-tahun berikutnya.

Berlangsungnya acara Loptasiku merupakan buah hasil dari tiga bulan persiapan mulai dari promosi, sponsor, teknis, dan pihak eksternal lainnya. Juri yang disiapkan pun berasal dari beberapa pihak, yaitu Rindam pelatih professional dan beberapa alumni Paskibraka Udinus. Peserta akan dinilai berdasar kekompakkan, keseragaman, dan keindahan kostum saat tampil.

“Tujuan pelaksanaan lomba ini untuk meningkatkan minat dan bakat peserta, serta mengetahui seberapa dalam mereka menguasai PBB,” ungkap Widya Fitri Susanti Ketua Pelaksana Loptasiku.

Terdapat 7 kategori pemenang yang akan direbutkan dalam ajang lomba ini dan langsung diumumkan pada saat apel penutupan. Tak hanya berfokus pada gerakan PBB yang ditunjukkan peserta, penilaian terhadap kreativitasan variasi formasi hingga kostum terbaik menjadi sorotan yang cukup dipikirkan para tim sukses pasukan lomba.

Pihak panitia Loptasiku juga mendapat kesan dan pesan yang baik, terlihat dari antusias peserta dan pendukung yang hadir. Mereka berharap acara ini akan terus menjadi ajang lomba yang rutin dilakukan setiap tahun, tentu juga dengan kreativan generasi selanjutnya dan peningkatan peserta yang terlibat didalamnya.

Penulis: Cantika Caramina Gusma

Sumber Gambar: Dokumentasi Wartadinus (Fadiya Nada)

Editor: Rahma Fadila Rahayu

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: