Dinus Electrical Competition 2.0 Sebagai Wadah Kreasi dan Inovasi Siswa dalam Bidang Karya Ilmiah

Dinus Electrical Competition 2.0 Sebagai Wadah Kreasi dan Inovasi Siswa dalam Bidang Karya Ilmiah

Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HM TE) telah usai menggelar acara Dinus Electrical Competition 2.0 atau Delcom 2.0 pada hari Rabu, 24 Januari 2024 di Ruang Auditorium H.7 Udinus pukul 08.00 WIB sampai selesai.

Delcom 2.0 adalah acara tahun kedua yang diselenggarakan oleh HM TE sebelumnya Delcom pertama yang dilaksanakan pada tahun 2023. Lomba ini merupakan lomba karya ilmiah yang ditujukan kepada siswa dan siswi SMA/SMK dan Sederajat region Jawa Tengah dengan mengangkat tema “Innovation of Smart Home Development and Global Climate Change for The Society 5.0 Era”.

Alasan pemilihan tema ini karena di era yang serba digital ini tentunya kita selalu menginginkan sebuah penggunaan teknologi yang praktis dan dapat memudahkan dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari terutama di rumah. Maka dari itu, diciptakan sebuah teknologi bernama smart home guna memunculkan ide-ide baru dan tentunya lebih efisien dari teknologi smart home yang sebelumnya. Hal ini agar para siswa dapat mengetahui, merancang, dan mengaplikasikan teknologi smart home yang mereka buat ke kehidupan sehari-hari terutama di rumah mereka masing-masing.

Delcom 2.0 memiliki dua tahap seleksi, seleksi tahap satu adalah pengumpulan karya yang dilakukan secara online yang nanti akan menghasilkan 10 karya terbaik dimana setiap karya dibuat oleh dua siswa dan satu guru pembimbing. Sepuluh karya terbaik yang telah lolos seleksi tahap satu akan diundang untuk mempresentasikan karya mereka di Udinus pada tanggal 24 Januari 2024.

Dari sepuluh tim yang akan mempresentasikan karya mereka, delapan diantaranya akan mempresentasikan karya secara offline di Gedung H.7 Udinus. Sedangkan, dua diantaranya akan mempresentasikan karya mereka secara online melalui platform Zoom. Sepuluh tim yang berhasil lolos seleksi tahap pertama adalah dua tim dari SMK Diponegoro Juwana, SMK Negeri 2 Pati, SMK Negeri Jawa Tengah, SMA Negeri 3 Semarang, SMA Negeri 1 Semarang, SMA Kolese Loyola, SMA Negeri 16 Semarang, SMA Negeri 1 Padamara, dan SMK Negeri 1 Jepara.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Ketua Pelaksana Delcom 2.0 yaitu Abdullah Fais Murtadzo, lalu sambutan oleh Ketua HM TE yaitu Nabil Alriski, dilanjut sambutan oleh Ketua Program Studi Teknik Elektro, yaitu Dr. M. Ary Heryanto S.T., M.Eng. sekaligus membuka acara karena Dewan Pendidikan (Dekan) Fakultas Teknik yaitu Heru Agus Santoso Ph.D. berhalangan hadir dalam acara ini.

Acara berlangsung secara tertib karena peserta dan pembimbing masuk dan duduk sesuai tempat yang telah ditentukan dan mengikuti acara dengan penuh atensi tanpa mengganggu peserta lain yang sedang presentasi. Peserta akan melakukan presentasi karya ilmiah mereka, selanjutnya dewan juri akan menilai dengan mengajukan beberapa pertanyaan. Dalam lomba ini, HM TE mengundang Dr. Ary Heryanto S.T., M.Eng. dan Arga Dwi Pambudi M.T. sebagai dewan juri Dinus Electrical Competition 2.0.

Setelah semua tim melakukan presentasi, ada ice breaking dari MC untuk para peserta dan panitia. Selanjutnya ada pengumuman pemenang dari urutan kesepuluh hingga urutan pertama. Juara 3 adalah SMA Negeri 3 Semarang dengan judul “Wafbeture: Website Terpadu Berbasis Pemetaan dan Kerja Sama Terintegrasi untuk Mengatasi Krisis Air di Kota Semarang”. Juara 2 dipegang oleh SMA Negeri 1 Semarang dengan judul “Efektivitas Fitoplankton dalam Pencegahan Perubahan Iklim”. Selanjutnya, SMA Kolese Loyola memegang Juara 1 dengan judul karya ilmiah “Smart Rain Water Harvesting System Sebagai Solusi Menangani Air Bersih”. Acara ditutup oleh foto bersama seluruh peserta, pembimbing, panitia, dan dewan juri.

Penulis: Shazia Mirza

Gambar: Dokumentasi Wartadinus (Auliya Shadrina)

Editor: Rahma Fadila Rahayu

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: