5 Rekomendasi Anime sebagai Hiburan di Tengah Kepenatan

5 Rekomendasi Anime sebagai Hiburan di Tengah Kepenatan

Kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata ‘Anime’. Anime adalah istilah yang digunakan untuk merujuk kepada bentuk animasi yang berasal dari Jepang. Secara umum, anime dapat mencakup beracam genre dan ditargetkan dalam berbagai kelompok usia.

Anime telah menjadi pilihan hiburan yang sangat diminati oleh berbagai kalangan untuk saat ini, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Daya tariknya melibatkan penonton dalam berbagai cerita penuh imajinasi dengan karakter yang menarik. Dalam keberagaman ini, terdapat banyak jenis anime yang menawarkan pengalaman santai yang dapat dinikmati di tengah kesibukan sehari-hari.

Berikut adalah rekomendasi anime yang cocok menjadi pilihan tontonan santai di tengah kesibukan atau sebagai hiburan akhir pekan.

1. Natsume’s Book of Friends

Natsume's Book of Friends, 2008 (Brain's Base)
Natsume’s Book of Friends, 2008 (Brain’s Base)

Anime ini diangkat dari manga yang ditulis oleh Yuki Midorikawa dengan judul yang sama, mengisahkan tentang Takashi Natsume, seorang remaja yang memiliki kemampuan dapat melihat youkai (makhluk-makhluk supernatural yang umumnya tersembunyi dari penglihatan manusia). Ini adalah warisan dari nenek Takashi, Reiko Natsume, yang juga memiliki kemampuan serupa.

Setelah kepergian sang nenek, Takashi mewarisi “Book of Friend” yang berisi nama-nama roh dan makhluk yang pernah dikalahkan atau dikendalikan oleh neneknya. Buku ini menjadi pusat cerita karena Takashi berusaha mengembalikan nama-nama ini kepada youkai tersebut, memberi kebebasan pada mereka.

Dengan perpaduan elemen fantasi, slice of life, dan emosional, Natsume’s Book of Friends menggambarkan perjalanan Takashi yang penuh perjuangan sambil menjelajah konsep kehidupan dan kematian, serta pentingnya menerima akan perbedaan antara makhluk hidup dan tidak hidup.

2. Usagi Drop

usagi drop
Usagi Drop, 2011 (Production I.G)

Anime ‘Usagi Drop’ diadaptasi dari manga karya Yumi Unita dengan judul yang sama. Anime ini mengisahkan tentang Daikichi Kawachi, seorang pria lajang berusia 30-an, yang tiba-tiba mendapat kabar bahwa kakeknya meninggal. Pada saat pemakaman kakeknya, Daikichi dikejutkan dengan kehadiran seorang anak perempuan kecil bernama Rin Kaga. Tanpa ada yang mau mengurus Rin di antara anggota keluarga yang lain, Daikichi memutuskan mengambil tanggung jawab menjadi wali Rin dan mengasuh gadis kecil itu sendiri.

Usagi Drop menonjolkan nuansa kehangatan, kejujuran, dan pengertian antarindividu dalam menghadapi dinamika kehidupan. Disusun dengan cerita yang ringan, anime ini menyampaikan pesan tentang kebahagiaan keluarga.

3. Haikyuu!!

haikyuu!!
Haikyuu!!, 2014 (Production I.G)

Haikyuu!! merupakan anime adaptasi sebuah manga dengan judul yang sama karya Haruichi Furudate. Anime ini bercerita tentang perjalanan Shoyo Hinata yang berhasil menghidupkan kembali klub voli di sekolah menengahnya setelah trinspirasi oleh pemain bola voli yang dikenal sebagai ‘Raksasa Kecil’. Meskipun tim yang baru saja terbentuk berhasil masuk turnamen namun, percobaan pertama mereka berakhir tragis karena mereka dihancurkan secara brutal oleh Tobio Kageyama Sang ‘Raja Lapangan‘.

Setelah lulus dari sekolah menengah, Shoyo bergabung dengan klub voli di SMA Karasuno. Di sana, ia kembali bertemu Tobio Kageyama. Meskipun keduanya pernah menjadi rival, mereka harus bekerja sama untuk memajukan tim Karasuno.

Haikyuu!! tidak hanya menyajikan penampilan voli yang penuh ketegangan, tetapi juga mengeksplorasi hubungan antaranggota tim, perjuangan, individu, dan semangat persahabatan yang berkembang di dalam maupun di luar lapangan. Kombinasi antara dramatis, komedi, dan momen-momen mendebarkan di lapangan voli, membuat anime ini berhasil menyampaikan pesan positif dan tetap menghibur para penikmatnya.

4. Gakuen Babysitters

 Gakuen Babysitters
Gakuen Babysitters, 2018 (Brain’s Base)

Anime yang diadaptasi dari sebuah manga shoujo karya Hari Tokeino menceritakan kisah Ryuichi Kashima dan adiknya, Kotaro, yang menjadi yatim piatu setelah kehilangan kedua orang tua mereka dalam kecelakaan pesawat. Kepala Akademi Morinomiya menawarkan bantuan dengan merawat mereka dan membebaskan dari biaya sekolah, namun dengan satu persyaratan.

Persyaratan tersebut adalah Ryuichi diharapkan membantu pada sebuah penitipan anak di akademi tersebut. Penitipan anak yang merupakan tempat di mana anak-anak para guru di akademi Morinomiya diasuh selagi masa pembelajaran.

Anime ini mengeksplorasi tema persahabatan, tanggung jawab, dan kehangatan keluarga yang terbentuk di antara anak-anak dan Ryuichi dalam situasi yang unik. Dengan sentuhan humor dan momen-momen mengharukan, Gakuen Babysitters membawa penonton ke dalam suasana kelembutan dan kehangatan.

5. Aikatsu!

aikatsu
Aikatsu!!, 2012 (Sunrise)

‘Aikatsu!’ merupakan anime yang mengangkat konsep dunia hiburan. Bercerita tentang Ichigo Hoshimiya, seorang siswa sekolah menengah yang tiba-tiba saja tertarik dengan dunia idola setelah menonton penampilan dari salah satu Top Idol, Mizuki Kanzaki. Rasa tertariknya ini membuat ia mendaftarkan diri pada sebuah sekolah idola ternama yakni Starlight Academy bersama dengan sahabatnya, Aoi Kiriya.

Pada anime ini terdapat item bernama Aikatsu Card yang berfungsi untuk mengubah penampilan fesyen mereka dan mendapat keberuntungan di atas panggung. Seiring berjalannya waktu, Ichigo dan teman-temannya tidak hanya berfokus untuk mencapai impian saja, tetapi juga menjalin persahabatan yang erat di antara dunia gemerlap idol.

Dengan kombinasi elemen musik, fashion, dan pesan-pesan positif, Aikatsu! membawa penontonnya pada pengalaman seru penuh semangat dalam meraih impian dan kebahagiaan melalui karier sebagai seorang idola.

Nah itu dia 5 rekomendasi anime dengan cerita ringan dan santai yang dapat ditonton di tengah kesibukan maupun menemani akhir pekan.

Penulis: Dinar Emilia

Editor: Ika Safira

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: