‘Police Goes to Campus’ Sosialisasikan Pemilu Damai pada Mahasiswa Udinus

‘Police Goes to Campus’ Sosialisasikan Pemilu Damai pada Mahasiswa Udinus

Sosialisasi pemilu damai ‘Police Goes to Campus’ kini hadir di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) pada Senin, 13 November 2023. Acara yang diadakan di Auditorium H7 Udinus Semarang ini bertujuan untuk menggandeng mahasiswa, utamanya para aktivis dalam menciptakan pemilu damai menjelang pemilihan umum 2024, khususnya di Kota Semarang. Kegiatan ini menjadi momentum penting di tengah maraknya isu-isu politik dan persiapan menuju pesta demokrasi nasional.

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh sejumlah jajaran kepolisian, termasuk Kapolsek Semarang Tengah dan Polrestabes Semarang. Sementara itu, dari civitas academica hadir pula Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan. Dalam sambutannya, Dr. Kusni Ingsih, M.M., menegaskan pentingnya netralitas kampus.

“Semua aktivis tidak boleh bermain politik di dalam kampus,” tegasnya.

Pengarahan dari Kompol Indra Romantika, S.Kom., S.H., M.H., menjadi poin penting dalam acara ini. Beliau menjelaskan bahwa dalam masa kampanye, banyak hal yang dapat bersinggungan satu sama lain. Untuk itu, peran mahasiswa dianggap vital dalam membantu aparat kepolisian mengurangi penyebaran berita hoax, khususnya di media sosial. Beliau juga menekankan penggunaan media sosial dengan bijak dan mengingatkan agar mahasiswa tidak ikut menyebarkan berita palsu.

“Peran kita sebagai mahasiswa sangat penting dalam membantu mengurangi berita hoax. Melalui kegiatan masyarakat seperti sosialisasi ataupun bakti sosial, kita dapat menjadi agen perubahan yang positif,” ujarnya.

Acara ini juga menyoroti pentingnya diversifikasi sumber informasi. Mahasiswa diimbau untuk tidak hanya menerima informasi dari satu sumber saja, melainkan melakukan pengecekan dan verifikasi informasi sebelum menyebarkannya. Sebagai pelengkap, Kapolsek Semarang Tengah itu berharap agar sosialisasi ini dapat mencegah gangguan kamtibmas selama masa pemilu hingga proses pencoblosan.

Penulis: Muhammad Kurniawan

Foto : Dokumentasi Wartadinus (Raihan Aksana)

Editor : Ika Safira

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: