‘MakJeGaGigs’ Kolaborasi Prodi Ilkom dan UKM Musik Udinus, Tampilkan Bakat Mahasiswa dalam Bermusik

‘MakJeGaGigs’ Kolaborasi Prodi Ilkom dan UKM Musik Udinus, Tampilkan Bakat Mahasiswa dalam Bermusik

Komunikasi musik menjadi bagian dari mata kuliah yang ada di peminatan Komunikasi Seni Kreatif (Komsikra) program studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nuswantoro (Udinus). Mahasiswa diberikan wadah untuk menampilkan bakat dan karya mereka dalam bermusik melalui event ‘MakJeGaGigs’ yang digelar pada Senin, 13 November 2023.

Kegiatan yang berlangsung di rooftop lantai 3 Gedung H Udinus Semarang itu diinisiasi oleh Koordinator Mata Kuliah Komunikasi Musik, oleh Swita Amalia Hapsari, M.I.Kom. Ia mengungkapkan dalam ‘MakJeGaGigs Volume 1’ melibatkan bantuan dari beberapa pihak. Salah satunya dari Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HM Ilkom) yang membantu mengonsep pagelaran musik tersebut. Selain itu, ia juga menyebutkan bahwa event tersebut juga berkolaborasi dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Musik Udinus.

“Ada 4 band dalam event ini. Dua di antaranya dari UKM Musik. Dua lainnya dari mahasiswa Komunikasi Musik, yaitu Sweet Band dan Lost Emotion,” jelasnya.

Swita Amalia Hapsari, M.I.Kom., Dosen dan Koordinator matkul Komunikasi Musik Udinus
Koordinator Mata Kuliah Komunikasi Musik, Swita Amalia Hapsari, M.I.Kom.

Inisiator kegiatan tersebut juga mengungkapkan bahwa butuh waktu 2 bulan untuk proses persiapannya. Proses tersebut meliputi pembentukan band, membuat rekaman, hingga akhirnya memproduksi single.

“Karena sudah memproduksi single dan rekaman, harus ada ‘Gigs’ (pertunjukan) buat mereka tampil. Ini menjadi salah satu cara agar mahasiswa yang mengambil matkul ini bisa perform dan menunjukkan skill mereka,” tuturnya

Penampilan dari 4 Band

band 'Paradigm' UKM Musik Udinus
Band ‘Paradigm’ dari UKM Musik Udinus

Kegiatan dibuka dengan penampilan band Paradigm dari UKM Musik yang membawakan lagu-lagu milik Noah dan Dewa 19. Selanjutnya, penampilan kedua diisi oleh band mahasiswa Komunikasi Musik yang bernama ‘Lost Emotion’. Pada kesempatan tersebut, mereka menampilkan lagu perdana mereka berjudul ‘An Extras’.

Band 'Lost Emotion' dari mahasiswa kelas komunikasi musik udinus
Penampilan Band ‘Lost Emotion

“Lagu ini berasal dari kekhawatiran diri sendiri tentang self existence yang mempertanyakan kehadiran diri sendiri dalam sebuah lingkungan. Aku pernah merasa di keadaan itu dan akhirnya mengungkapkannya jadi lagu. Supaya orang-orang yang pernah mengalami hal yang sama bisa merasa lebih relate,” paparnya.

band 'Sweet Band' dari kelas komunikasi musik udinus
Penampilan Band ‘Sweet Band

Penampilan ketiga dari ‘Sweet Band’ yang juga merupakan mahasiswa Komunikasi Musik membawakan lagu pertama mereka dengan judul ‘Datang Tiba-Tiba’. Kegiatan ditutup oleh Band Diranciva dari UKM Musik yang membawakan lagu dari Afgan, Reza Artamevia, dan M.E.

penampilan band 'diranciva' dari UKM MUSIK UDINUS
Penampilan band ‘Diranciva’

Penampilan seluruh band dalam ‘MakJeGaGigs Volume 1’ berhasil memukai seluruh audience yang merupakan dosen dan mahasiswa Udinus. Julian Aditia, salah satu penonton mengaku senang dapat mengikuti acara ini.

“Saya tahu acara ini dari dosen, dan saya sangat senang bisa di sini karena acaranya seru dan kita bisa ngumpul bareng-bareng,” ungkapnya.

Penulis: Shazia Mirza

Foto: Dokumentasi Wartadinus (Widiaswari Woro Pramesti)

Editor: Ika Safira

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: