Kuliner Unik dan Populer yang Patut Dicoba di Akhir Tahun!

Kuliner Unik dan Populer yang Patut Dicoba di Akhir Tahun!

“Bisnis kuliner tidak ada matinya.”

Frasa itu muncul karena usaha kuliner atau makanan adalah kebutuhan primer manusia sehingga kapanpun, dimanapun, dan bagaimanapun pasti akan diminati oleh seluruh kalangan usia.

Pada tahun 2022 ini, ada beberapa makanan yang menjadi populer dan diburu banyak orang. Apa sajakah itu? Mari kita lihat.

  1. Risol Mayo
Risol mayo (Sumber: Frisianflag.com)

Risol berasal dari Prancis dan dijadikan sebagai lauk sehari-hari disana. Saking nikmatnya, setiap negara mempunyai risol versi mereka masing-masing. Seperti halnya risol mayo yang trending di Indonesia.

Berbentuk mirip lumpia, risol mayo memiliki tekstur yang lebih empuk dan dilapisi oleh kulit panir yang kemudian digoreng hingga berwarna cokelat keemasan. Cemilan berisi daging asap, mayonnaise, telur rebus, dan keju ini memiliki banyak peminatnya karena rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah di luar, lumer di dalam

2. Lumpia Burger

Lumpia burger (Sumber: NotifIndonesia.com)

Namanya saja sudah unik bukan?

Lumpia burger merupakan kolaborasi makanan lokal dan barat asal Semarang, Jawa Tengah. Macaroni, sayuran, burger (daging ayam/sapi), dan saus dibungkus di dalam kulit lumpia kemudian digoreng sampai matang dan renyah.

Porsinya yang jumbo tidak hanya enak, tapi juga mengenyangkan. Harganya pun terjangkau, siapa yang tidak suka?

3. Corn Dog

Corn dog (Sumber: Sasaken [Shutterstock])

Pecinta drama Korea pasti tidak asing dengan kudapan renyah ini. Yup! Namanya Corn dog! Kudapan yang berisi keju mozzarella dan sosis kemudian dilapisi adonan tepung jagung dan digoreng ini memiliki cita rasa yang gurih dan manis. Tak hanya gurih, ada juga versi manis yang dikreasikan dengan saus coklat, matcha, dan lainnya.

Mengejutkannya, Corn dog ini berasal dari Amerika loh, bukan Korea Selatan!

4. Daechang

Daechang (Sumber: idntimes.com)

Makanan yang viral akhir-akhir ini di sosial media salah satunya adalah Daechang.

Apa sih Daechang itu?

Daechang merupakan lauk pendamping asal Korea Selatan yang terbuat dari usus besar sapi. Daechang dimasak dengan cara dipanggang di atas bara api seperti BBQ, nah pada saat itulah jeroan ini mengeluarkan minyak yang membuatnya tampak amat menggiurkan dan nikmat.

5. Mille Crepes

Mille crepes (Sumber: Kompas.com)

Sebagai penutup, mille crepes adalah dessert yang tengah diminati akhir-akhir ini terutama oleh kalangan muda-mudi Indonesia. Visualnya yang cantik dan menarik memanjakan mata, tak lupa cita rasa yang manis dan tekstur yang lembut, siapa yang tidak terpikat akan pesonanya?

Mille crepes berasal dari Prancis. Mille yang berasal dari frasa “mille-feuilles” yang artinya adalah “a thousand leaves” mengacu pada banyaknya lapisan kue dan krim bertumpuk membentuk kue. Tetapi frasa itu hanya hiperbola saja loh, soalnya jumlah layer pada mille crepes rata-rata hanya 18-22 saja.

Penulis: Katarina Setiawan

Sumber berita: Kompas.com, msn.com, jurnalistika.id, idntimes.com

Sumber gambar: Getty Images

Editor: Mayang Luh Jinggan

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: