KELEZATAN ES COKELAT JADUL

KELEZATAN ES COKELAT JADUL

Bermacam sajian makanan dan minuman olahan dari buah cokelat tentu sudah tidak asing di lidah masyarakat Indonesia. Tak hanya banyak disukai, buah cokelat pun memiliki banyak manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Pada dasarnya, cokelat sudah menjadi salah satu rasa yang paling populer di dunia. Selain sebagai cokelat batangan yang paling umum dikonsumsi, cokelat juga menjadi bahan minuman hangat dan dingin yang dapat dikonsumsi oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Minuman olahan cokelat telah menjadi salah satu minuman yang paling umum ditemui di manapun karena dari penyajiannya yang instan, serta cara pembuatanya pun tidak membutuhkan waktu yang lama. Maka dari itu, banyak orang berlomba-lomba menciptakan minuman atau makanan dari olahan coklat seunik mungkin untuk menarik pembeli.

Namun, di tengah banyaknya orang-orang yang berlomba membuat sajian unik, justru es cokelat jadul menjadi perbincangan hangat pengguna media sosial. Vlogger terkenal hingga influencer menjadi alasan mengapa es cokelat menjadi viral. Hal tersebut lalu dimanfaatkan para pelaku usaha untuk berjualan es cokelat.

Es cokelat sangat cocok dinikmati di siang hari karena rasanya yang enak serta menyegarkan di kala panasnya sinar matahari. Es cokelat sendiri bukan termasuk minuman yang mahal, melainkan yang relatif merakyat dan terjangkau di kalangan masyarakat. Sehingga sampai saat ini, banyak masyarakat yang tertarik dalam usaha seperti ini.

Pelaku usaha tidak hanya menyediakan es cokelat saja, mereka berinovasi dengan menambahkan roti sobek sebagai pendamping es cokelat, maka minuman ini sangatlah cocok untuk para konsumen pecinta makanan dan minuman manis.

Pelaku usaha es cokelat ini harus bisa mengombinasikan empat variable yang sangat mendukung dalam menentukan strategi pemasaran, yaitu bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari product, price, place, dan promotion, agar suatu perusahaan bisa bersaing dan berkembang.

Penulis: Diandra Female Deazeka Putri

Sumber: nibble.id, smesta.kemenkopukm.go.id

Editor: Katarina Setiawan

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: