SOSIAL MEDIA, PEDANG BERMATA DUA BAGI GENERASI MUDA

SOSIAL MEDIA, PEDANG BERMATA DUA BAGI GENERASI MUDA

Semakin berkembangnya zaman, muncullah satu per satu teknologi canggih yang memudahkan manusia dalam melakukan pekerjaan dan berkomunikasi satu sama lain meskipun terpisahkan ribuan kilometer jauhnya.

Salah satunya adalah sosial media yang sangat digandrungi terutama anak muda. Melalui media sosial berbagai dampak positif dapat ditemukan. Sebagai sarana hiburan dan inspirasi, kita menjelajahi media sosial dan memanfaatkannya untuk mengembalikan semangat kita. Kita juga bisa mengungkapkan pendapat dan mendapat teman dari seluruh dunia hanya melalui sosial media.

Konten yang dibuat oleh para kreator dapat kita pilih sesuai dengan yang kita sukai. Contohnya olahraga, seni, tips & trick, pendidikan, hingga pengalaman yang menginspirasi. Banyak sekali yang mampu kita ambil dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari sesuai apa yang kita tekuni. Misalnya resep masakan, belajar Photoshop, hingga step by step menari. Sosial media juga menjadi ajang untuk menyalurkan bakat yang bisa saja membuat kita mendapatkan pekerjaan impian. Selain itu, sosial media kerap kali dimanfaatkan untuk mempromosikan usaha yang kita bangun dan mencari pelanggan.

Di balik banyak kepositifan ini terdapat dampak negatif sosial media yang tanpa kita sadari sangat berpengaruh dalam hidup kita.

Sosial media juga menjadi ajang untuk pamer dan saling membandingkan. Kita tidak tahu apa yang ada di balik unggahan yang terposting di sosial media. Hal ini juga berhubungan dengan maraknya penipuan, pencurian data, dan hal negatif lain yang berpengaruh pada mental kita.

Di balik akun-akun dengan nama palsu, orang-orang bisa menggiring opini dan menyebarkan komentar kebencian dengan dalih saran yang membangun. Meski terdapat UU ITE yang sudah disahkan, orang-orang ini tidak takut untuk menghujat orang yang tidak mereka sukai. Oversharing juga sering terjadi, yang membuat kita menjadi mangsa empuk para penipu. Belum lagi konten pornografi yang tersebar bebas dan bisa diakses semua orang, tak terhalang umur karena umur pun bisa dipalsukan di sosial media.

Sosial media adalah salah satu contoh teknologi yang bermanfaat namun harus kita gunakan dengan bijak.

Penulis: Katarina Setiawan

Editor: Riska Marcela

Sumber gambar: Accurate online

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: