Rekomendasi Buku Untuk Meningkatkan Kualitas Diri

Rekomendasi Buku Untuk Meningkatkan Kualitas Diri

Sebagai manusia kita tentu ingin menjadi pribadi yang lebih baik dan bermanfaat bagi orang lain dengan begitu kehidupan kita jalani akan lebih bermakna. Kualitas diri dapat ditentukan berdasarkan perilaku kita, entah itu perkataan, perbuatan, pemikiran, ataupun cara kita menghadapi situasi sulit dan mengambil keputusan. Namun, bukan berarti penilaian orang lain dapat menjadi tolak ukur kehidupan kita sehingga baik atau buruknya  kita ditentukan oleh penilaian orang lain.

Ketika kita berniat untuk meningkatkan kualitas diri jadikanlah diri kita sebagai motivasi dan jangan bergantung pada penilaian orang lain terhadap diri kita karena hal tersebut justru akan menurunkan rasa percaya diri yang sudah kita bangun sedemikian rupa. Ada berbagai macam cara untuk meningkatkan kualitas diri yaitu dengan berolahraga, istirahat yang cukup, makan-makanan bergizi, dan membaca buku. Lantas, buku apa yang sebaiknya kita baca ? dalam rangka memperingati hari buku, berikut 4 rekomendasi buku yang bisa meningkatkan kualitas diri;

  1. Filosofi Teras – Henry Manampiring

Buku ini sudah tidak asing lagi ditelinga kita, karena sering menjadi rekomendasi yang layak untuk dibaca oleh orang-orang yang ingin meningkatkan kualitas dirinya. Buku ini dibuat khusus oleh Henry Manampiring sebagai pandangan untuk kita yang khawatir akan permasalahan hidup. Buku yang berisi mengenai prinsip hidup stokisme ini bisa kita jadikan acuan sebagai sebuah cara hidup dan berpikir dalam mempertimbangkan kemungkinan terburuk dengan bahasa yang mudah dipahami. Filosofi Teras membuat pembacanya menjadi sadar untuk menghargai dirinya sendiri tanpa terpengaruh oleh pendapat negatif orang lain tentang diri kita.Buku ini memenangkan penghargaan Book Of The Year di Indonesia International Book Fair 2019. Filosofi teras cocok untuk pembaca yang ingin belajar cara mengelola emosi dengan baik. 

2. Atomic Habit – James Clear

Buku Atomic Habits karya James Clear ini mengajarkan kita cara untuk melakukan kebiasaan baik dari hal yang sederhana namun memberikan dampak yang luar biasa bagi kita kedepannya. James Clear menyebutkan perubahan nyata berasal dari efek gabungan ratusan keputusan kecil. James memberitahu cara bagi kita untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan secara rutin untuk meningkatkan kualitas diri secara bertahap. Buku ini cocok untuk menemani kamu dalam berproses ke arah yang lebih baik. 

3. Think and Grow Rich – Napoleon Hill

Napoleon Hill seorang motivator dan juga penasehat Presiden Franklin D. Roosevelt menuangkan gagasannya dalam sebuah buku berjudul Think and Grow Rich.  Di dalam buku ini Napoleon Hill memberitahu pembaca tentang pemikiran alam bawah sadar kita yang membawa kita menuju kesuksesan. Buku ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1937. Meskipun begitu buku ini masih tetap berguna untuk diaplikasikan dalam kehidupan kita di masa sekarang karena dilengkapi contoh-contoh baru dan kasus-kasus modern.

4. Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-apa- Alvi Syahrin

Bagi kita yang seringkali khawatir akan masa depan dan takut apabila kita tidak berhasil menjadi apa yang kita inginkan atau orang tua harapkan. Buku ini mengajak kita untuk bangkit secara perlahan tanpa minder dengan pencapaian orang lain. Alvi Syahrin menulis buku ini dengan  makna yang dalam yaitu buku ini seolah menjadi teman bagi siapapun yang membacanyanya. Isi dari buku ini berupa cerita pendek yang ringan sehingga cocok menjadi bahan bacaan bagi kita dikala sedang penat namun tetap ingin berproses.

Jadi, dari 4 buku rekomendasi di atas adakah yang sudah kalian baca? Semoga salah satu buku tersebut nantinya bisa membantu kamu untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan menemani perjuanganmu dalam menghadapi permasalahan yang ada dalam hidup. 

Nama : Aninda Ratna Ghifarani

Editor: Riska Marcela

Sumber: Dari berbagai sumber

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: