Kenali Jenis Olahraga Yang Cocok Dilakukan Dilakukan Saat Puasa

Olahraga merupakan kegiatan yang sangat penting bagi tubuh. Berolahraga membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Dengan rutin berolahraga tidur akan lebih berkualitas di malam hari dan segar ketika bangun di pagi harinya. Meskipun sedang berpuasa, olahraga tak lantas menjadi halangan bagi kita. Pilihlah olahraga yang sekiranya tidak terlalu berat bagi tubuh.

Ada beragam jenis olahraga, dari yang berat seperti angkat beban hingga yang paling ringan seperti jalan santai pun sudah termasuk olahraga. Semua itu kembali kepada diri kita sendiri lebih cocok pada olahraga yang mana ketika sedang berpuasa.

Adapun rekomendasi olahraga yang cocok dilakukan saat berpuasa yaitu sebagai berikut, disadur dari klikdokter.

Yoga

Salah satu alasan mengapa yoga menjadi pilihan olahraga yang tepat untuk dilakukan saat sedang berpuasa karena gerakan yoga sangatlah sederhana tetapi mampu membuat rileks, menguatkan otot, dan meningkatkan konsentrasi. Gerakan yoga berfokus pada peregangan, pernapasan, keseimbangan dan kelenturan untuk mencapai keselarasan. Sehingga melakukan yoga tidak akan menguras energi terlalu banyak.

Pilates

Pilates merupakan versi modern dari yoga, pilates melatih fisik dengan fokus untuk pemulihan anggota tubuh  dan penguatan tubuh. Gerakan pilates tidak seperti kardio yang memiliki intensitas tinggi sehingga tidak terlalu berat jika dilakukan saat sedang berpuasa. Kalori yang dihasilkan setelah melakukan satu jam pilates yaitu sekitar 200 kalori.

Squad, Push Up, dan Plank

Pastinya sudah tidak asing lagi dengan gerakan ini karena squad, push up, dan plank merupakan gerakan pemanasan yang sering dilakukan sebelum melakukan olahraga berat agar tubuh tidak cedera. Gerakan ini tergolong mudah sehingga kita bisa melakukannya di rumah dengan melakukan gerakan ini 10 kali sebanyak 4 set dalam kurun waktu 30 menit. Dengan begitu tidak terlalu terburu-buru sehingga tiap gerakannya menjadi lebih maksimal.

Bersepeda

Bersepeda ringan memutari komplek perumahan mungkin bisa jadi salah satu alternatif olahraga di bulan puasa. Bersepeda mampu membakar 300 kalori, lumayan bukan? Lakukan olahraga ini di sore hari sambil menunggu buka puasa sepertinya menyenangkan.

Jogging

Olahraga yang satu ini sangat mudah dilakukan. Berlari kecil selama kurang lebih setengah jam sudah dapat membakar kalori sekitar 200 kalori. Melakukan jogging ada baiknya saat sore hari mendekati waktu buka puasa sehingga waktunya tidak terlalu lama untuk  minum air putih menghindari dehidrasi karena keringat yang dikeluarkan.

Itulah rekomendasi olahraga yang bisa dilakukan saat sedang menjalani ibadah puasa. Hal yang penting saat berpuasa yaitu nutrisi dan istirahat tercukupi sehingga saat melakukan aktivitas tubuh tidak menjadi lemas dan kelelahan. Tetapi jika merasa mual dan pusing saat berolahraga lebih baik dihentikan dan melakukan olahraga sesudah buka puasa.

Penulis: Aninda Ratna Ghifarani

Editor: Riska Marcela

Sumber gambar: Dari berbagai sumber

Sumber: Klikdokter dan sumber lainnya

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: