Setelah 2 Tahun, Festival Maerakaca Kembali Digelar

Setelah 2 Tahun, Festival Maerakaca Kembali Digelar

Pada 26-27 Maret 2022 Grand Maerakaca telah sukses menyelenggarakan “Festival Maerakaca” usai tidak digelar selama 2 tahun karena pandemi Covid-19. 

Dikutip dari portal media suara merdeka Direktur Perseroda PRPP Jateng Titah Listyorini mengungkapkan bahwa Festival Maerakaca ini merupakan agenda rutin yang masuk dalam kalender event Grand Maerakaca.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini menampilkan beragam kegiatan seperti bazaar,penampilan kesenian budaya lokal, pojok konsultasi, berbagai lomba, donor darah, vaksinasi (baik untuk dosis pertama, lanjutan dan booster), senam lansia, dan masih banyak lagi.

Elwin M selaku penanggung jawab Festival Maerakaca 2022 juga menambahkan bahwa festival ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diadakan Perseroda PRPP Jateng.

“Biasanya kami adakan satu hari, tapi untuk kali ini kami gelar dua hari yaitu Sabtu-Minggu 26-27 Maret 2022,” ungkapnya.

Festival Maerakaca 2022 kali ini mengambil potensi kearifan lokal dengan mengadakan pentas seni budaya yang ada pada beberapa daerah Jawa Tengah seperti dari Grobogan yang menampilkan seni mustiko joyo, Kota Semarang dengan ketoprak truthuk, Kabupaten Semarang menampilkan tari topeng ireng, Demak teri ngunduh jambu, Kudus yang menampilkan tari daerah, Temanggung dan kota Salatiga dengan tari jaranan.

Diharapkan dengan menampilkan budaya lokal pada festival kali ini bisa menjadi sebuah bentuk usaha untuk melestarikan dan mengenalkan berbagai budaya lokal Jawa Tengah.

Penulis: Riska Marcela

Sumber Gambaar: Dokumentasi Wartadinus

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: