Bahagia itu Sederhana

Bahagia itu Sederhana

Tau ga bestie? Bahagia itu bukan sesuatu yang bisa kita cari, tapi bahagia itu kita ciptakan dari diri kita sendiri. Tidak melulu tentang harus memiliki gadget keluaran terbaru, atau memakai baju yang dipakai oleh artis A, atau mungkin membeli barang-barang yang lucu di online shop, tapi bahagia itu bisa kita mulai dari hidup sehat. Walau sebenarnya standar kebahagiaan setiap orang itu berbeda, tetapi hidup sehat ternyata berperan penting dalam menciptakan kebahagiaan, misalnya:

  1. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi memang dipercaya dapat menurunkan tingkatan stress dalam diri. Hal ini disebabkan karena jika tubuh memperoleh nutrisi yang cukup, termasuk mineral, vitamin, antioksidan dan lainnya dapat meningkatkan fungsi kerja organ dalam tubuh. Dengan demikian tubuh akan terlindungi dari berbagai penyakit dan membuat hormon bahagia menjadi meningkat.

2. Olahraga Rutin

Olahraga tidak harus pergi ke gym atau mengangkat beban, yang penting kita mau menggerakan tubuh kita setidaknya 1-3 kali dalam seminggu. Mulailah dari lari-lari kecil di sekitar komplek rumah, bermain skipping, mempraktekkan workout di rumah melalui youtube, dan masih banyak lagi. Dengan berolahraga itu akan mendorong produksi hormon endorfin dan memperlancar metabolisme tubuh. 

3. Istirahat cukup

Young woman resting in bed in the morning

Dan yang terakhir adalah istirahat cukup. Terkadang hal ini sering diabaikan sebagian besar dari kita, kita merasa bahwa tidur atau istirahat 1-5 jam saja sudah cukup. Padahal tubuh juga butuh waktu untuk beristirahat setidaknya 7-8 jam sehari. Kita sering menyepelekan poin ini karena merasa bahwa tidur beberapa jam saja sudah dirasa cukup, padahal semakin bertambahnya usia, kita butuh istirahat yang cukup. 

Lalu, apa hubungannya hidup sehat dengan bahagia? Dengan menerapkan cara-cara di atas, secara tidak langsung hormon kita akan menjadi lebih stabil dan metabolisme tubuh akan lebih teratur, dengan demikian secara otomatis kita akan terhindar dari stres, jika terhindar dari stress kita akan lebih awet muda. Untuk apa punya uang banyak tapi sakit-sakitan? Itulah mengapa hidup sehat itu penting, hal sederhana yang selama ini kita abaikan nyatanya berperan penting untuk kesehatan fisik dan mental kita. Maka mulailah hidup sehat dan cintai dirimu sendiri. Stay happy and healthy everyone!

Penulis: Febe Agustin Patria

Editor: Riska Marcela

Sumber gambar: freepik.com

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: