Modernisasi Lagu Daerah Agar Tetap Lestari

Modernisasi Lagu Daerah Agar Tetap Lestari

Dalam menjalani aktivitas sehari-hari, kehidupan kita tidak lepas dari mendengarkan musik atau lagu. Tanpa mendengarkan musik kehidupan kita seakan-akan sunyi. Musik membangkitkan semangat kita dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Kita juga seringkali mendengarkan musik atau lagu-lagu sesuai dengan perasaan kita dan kondisi hati kita. Namun, di zaman modern ini masihkah kita mendengarkan lagu daerah ? sudah jarang bukan.

Sekarang ini peminat lagu-lagu daerah sudah sangat berkurang hal itu karena seiring perkembangan zaman musik pun ikut berkembang sehingga lagu-lagu daerah pun jarang terdengar.Hal ini sebenarnya sudah disadari sejak lama, jika dilakukan sebuah survei anak sekolah lebih sering menyanyikan lagu daerah ketimbang yang lain. Sayangnya, semenjak pandemi Covid-19 dan sekolah diliburkan murid-murid semakin jarang menyanyikan lagu-lagu daerah. Biasanya lagu daerah dinyanyikan pada saat pelajaran seni budaya, upacara, atau sebelum pelajaran, beberapa sekolah meminta para siswa untuk menyanyikan lagu daerah.

Lagu daerah sangat erat kaitannya dengan kebudayaan karena diciptakan berdasarkan budaya dan adat istiadat suatu daerah tertentu dengan menggunakan bahasa daerah yang beragam  sehingga dapat menimbulkan rasa cinta tanah air.Namun, sangat disesalkan, anak kecil di  zaman sekarang jarang sekali yang hafal lagu daerah, karena mereka cenderung mengikuti apa yang orang dewasa di sekitar mereka dengarkan atau nyanyikan. Sedangkan orang dewasa tentu lebih suka mendengarkan lagu pop atau genre lainnya yang sedang populer.

Hal ini mungkin bisa diatasi dengan modernisasi lagu daerah dengan mengubah instrumental musik menjadi sesuai dengan musik yang ada di zaman ini sehingga lebih akrab terdengar di telinga masyarakat namun nilai kebudayaannya masih tetap terjaga.Pada era ini media sosial semakin berkembang sehingga dengan adanya platform seperti TikTok, Youtube, Instagram, dapat mempermudah kita untuk melestarikan lagu daerah agar generasi selanjutnya masih mengenal lagu daerah. Adapun cara lain untuk untuk mengatasi agar lagu daerah tidak terlupakan yaitu dengan mengadakan lomba menyanyikan lagu daerah, menggelar festival kebudayaan seperti tari yang diiringi lagu daerah, mengadakan event yang sesuai dengan makna lagu daerah dan sebagainya.

Lunturnya lagu daerah mungkin terlihat sepele dan tidak berdampak langsung pada kehidupan kita.Padahal lagu daerah memiliki banyak manfaat, antara lain sebagai sarana memperkenalkan budaya, melestarikan bahasa dari suatu daerah, memperluas pengetahuan masyarakat akan suatu daerah, dan sebagainya. Lagu daerah bisa saja diklaim oleh negara lain apabila kita tidak melestarikannya, hal tersebut akan sangat disayangkan karena lagu daerah merupakan peninggalan sejarah. Untuk itu lagu daerah harus terus dilestarikan agar tidak hilang begitu saja.

Penulis: Aninda

Editor: Riska Marcela

Sumber: Dari berbagai sumber

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: