Kemeriahan Dinus Inside dalam Menggelar Aksi Sosial Peduli Lingkungan

Hari kedua Dinus Inside, diselenggarakan  pada tanggal 28 September 2021 diadakan berbagai acara dalam penyambutan mahasiswa baru, banyak kegiatan positif yang diikuti dan ditiru oleh mahasiswa baru.  Pada acara pertama, diadakan aksi menjaga lingkungan, yaitu penanaman bibit mangrove dan penebaran benih ikan nila. Mahasiswa menanam bibit mangrove di Mangkang. Setelah itu, mahasiswa melakukan penebaran benih ikan nila di Waduk Jatibarang. Kegiatan menanam mangrove merupakan program Udinus Care Conservation (UCC) yang dilaksanakan setiap tahun saat Dinus Inside. Tujuan penanaman bibit mangrove ialah untuk mencegah abrasi yang terus menggerus pesisir Kota Semarang dan dapat membantu ekosistem laut. Sementara itu, tujuan penebaran benih ikan nila ialah untuk di manfaatkan warga sekitar, khususnya begi para nelayan yang menggantungkan hidupnya di Waduk Jatibarang sebagai penangkap ikan. 

Pada acara kedua, diadakannya aksi sosial dengan upacara  simbolis penyerahan bansos. Wakil Rektor III Udinus, Kusni Ningsih pun memberikan bansos berupa paket sembako ke perwakilan 9 yayasan sosial yang ada di Semarang. Tujuan diadakannya pembagian bansos ialah untuk membantu sesama yang membutuhkan dan perekonomian yang sulit serta terdampak akibat pandemi di sekitar Semarang.

Selanjutnya, ada acara khusus yang diadakan oleh masing-masing fakultas. Setiap mahasiswa baru mengikuti acara tersebut sesuai dengan fakultas masing-masing. Acara khusus tiap fakultas memiliki tujuan sesuai dengan fakultas dan yang pasti agar mahasiwa baru mengenal baik akan fakultasnya.

Dengan diadakannya berbagai kegiatan yang positif dalam Dinus Inside, membuat mahasiswa baru dapat merasakan manfaat kegiatan tersebut dan mengamalkannya. Agar mahasiswa baru memiliki kesadaran sosial dan lingkungan dan menjadi mahasiswa terpelajar dengan moral yang tinggi untuk mewujudkan germilangnya masa depan Indonesia mendatang.

Penulis: Mayang Luh Jinggan

Photo. : Haris 

Editor : Vashti Bidadari

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: