ISU RESHUFFLE KABINET KEMBALI MENCUAT, SIAPA SAJA YANG TERDEPAK?

ISU RESHUFFLE KABINET KEMBALI MENCUAT, SIAPA SAJA YANG TERDEPAK?

Perombakan kabinet merupakan suatu keadaan di mana kepala pemerintahan memutar atau mengganti formasi menteri dalam kabinetnya. Biasanya perombakan tersebut dilakukan dengan menggeser seorang menteri dari satu kedudukan ke posisi yang lainnya. Isu perombakan kabinet kian santer diperbincangkan, Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin menerangkan bahwa reshuffle kabinet akan dilakukan dalam tempo dekat ini. Kabar perombakan kabinet tersebut diiringi pula berita dibentuknya penggabungan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Selain isu peleburan tersebut, ada pula pembentukan Kementerian Investasi yang semuanya telah disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

“Presiden Insyaallah akan melantik menteri baru Menteri Dikbud/Ristek, Menteri Investasi/Kepala BKPM,” tutur Ngabalin melalui akun Twitter @AliNgabalinNew, Rabu (14/4). Dilansir dari CNNIndonesia.com, Ngabalin juga menyampaikan bahwa Pembentukan Menteri Investasi akan merangkap jabatan di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Ia menjelaskan bahwa pelantikan dua nama menteri baru tersebut menyusul perubahan kementerian. Meski begitu, Ngabalin mengaku belum tahu apakah dua menteri yang menjabat saat ini, Nadiem Makarim dan Bahlil Lahadalia terimbas reshuffle kabinet.

Setelah melihat tradisi Presiden Jokowi terkait perombakan kabinet sebelumnya, Ngabalin meyakini bahwa perombakan kali ini akan dilakukan secara cepat dan sesegera mungkin tepatnya dilakukan dalam waktu dekat, yaitu pada pekan ini. “Dari biasanya, saya tahu dan beberapa kali saya ikuti Bapak Presiden tidak akan lambat mengambil keputusan.”

“Beliau tidak memiliki ketergantungan dengan siapapun untuk mengambil satu keputusan yang tepat, dan kita tunggu waktunya dalam pekan ini,” ungkap Ngabalin dalam tayangan Kompas TV, Selasa (13/4/2021).

Selain itu, Juru Bicara Wakil Presiden Ma’ruf Amin, yaitu Masduki Baidlowi pun membenarkan adanya isu perombakan kabinet. Hal tersebut telah didiskusikan oleh Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin secara matang, dalam merombak kabinet Indonesia Maju untuk kebaikan dan kepentingan kinerja kabinet yang akan mendatang. “Tentu Wapres sudah rembukan, diajak rembukan oleh presiden,” kata Juru Bicara Wapres Ma’ruf, Masduki Baidlowi dalam konfrensi pers secara daring, Senin (12/4/2021).

Kinerja kementerian yang paling fundamental ditentukan dengan sejauh mana kualitas dan efektivitas birokrasi yang ada di dalamnya. Apakah kinerja tersebut memuaskan atau justru beban tugas tersebut gagal dijalankan oleh sang menteri. Oleh karena itu, jika benar akan terjadi perombakan kabinet, maka sangat diharapkan penggantinya benar – benar dari kalangan ulung nan profesional yang ahli dalam bidangnya. Selain itu, paham juga mengenai seluk beluk birokrasi yang akan dipimpinnya.

Penulis: Arelliza Mucharomy Agistie

Editor: Indah Suryaningsih

Sumber Gambar: CNNIndonesia.com

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: