CATAT! BERIKUT TIPS BEBAS DARI DIABETES ALA GENERASI Z

CATAT! BERIKUT TIPS BEBAS DARI DIABETES ALA GENERASI Z

Hingga saat ini, diabetes masih menjadi penyakit yang banyak di derita oleh masyarakat Indonesia. Diabetes sendiri merupakan salah satu penyakit jangka panjang yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh. Meningkatnya kadar gula tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu pola hidup yang tidak sehat dan minimnya konsumsi makanan yang sehat. Diabetes tidak hanya menyerang orang dewasa saja, tetapi juga dapat terjadi pada beberapa remaja .

Jika diabetes cepat terdeteksi, maka kita dapat meminimalisir terjadinya komplikasi yang berbahaya bagi kesehatan. Sebuah data pada jurnal Diabetologia menunjukkan bahwa faktor berat badan berlebih ternyata berkaitan dengan peningkatan risiko dabetes. Risiko dari penyakit ini dua kali lipat lebih tinggi bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih. Untuk menjaga berat badan agar tetap ideal, kita harus bisa menerapkan pola hidup sehat dengan rutin berolahraga seta makan makanan yang sehat dan bergizi.

Lalu bagaimana cara menerapkan pola makan sehat agar berat badan tetap terjaga? Simak baik-baik tips di bawah ini!

Konsumsi Buah dan Sayur

Cara pertama yang bisa kita lakukan adalah perbanyak konsumsi makanan yang mengandung buah dan sayur. Setiap kalian makan pastikan tersedia sayur dan buah-buahan di atas piring.

Kurangi Minuman dan Makanan Tinggi Gula

Kalian bisa mulai dengan membawa minuman dan makanan sendiri setiap bepergian, serta hindari minuman dan makanan kekinian yang mengandung kadar gula tinggi.

Ubah Cara Memasak

Langkah selanjutnya yaitu mulai mengubah cara memasak agar makanan yang kita makan lebih menyehatkan, misalnya dengan mengganti teknik menggoreng dengan tumis atau panggang. Anda juga bisa menggunakan minyak yang rendah lemak seperti, minyak jagung atau minyak canola.

 Batasi Porsi Makan

Caranya mudah kok, Anda bisa mulai mengkonsumsi segelas air putih sebelum makan, lalu gunakan peralatan makan yang lebih kecil agar makanan terlihat lebih banyak dan yang terakhir, makan secara perlahan guna mencegah makan yang berlebihan.

Sumber gambar : liputan6

Sumber artikel : detikhealth

Penulis : Iva Rahma Nurfadilla

Editor : Indah Suryaningsih

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: