Tindakan Kecil Hari Kanker Sedunia 2021 di Masa Pandemi Covid-19

Tindakan Kecil Hari Kanker Sedunia 2021 di Masa Pandemi Covid-19

Hari Kanker sedunia atau World Cancer Day diperingati setiap tanggal 04 Februari.  Tema untuk memperingati hari Kanker sedunia masih sama dengan 2 tahun yang lalu yaitu I AM AND I WILL dengan sub tema, “ Together, all our action matter”. Di tahun 2021 ini diharapkan semua masyarakat Indonesia dapat berpartisipasi dan turut melakukan tindakan bersama-sama.

Kampanye ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa tindakan positif ini akan dapat berdampak pada tempat tinggal, lingkungan, komunitas dan lain-lainnya.

Sejarah Hari Kanker, merupakan inisiatif pemersatu global yang dipimpin oleh Union for Internasional Cancer Control (UICC) pada tanggal 4 Februari 2000. Tujuan dibentuk Hari Kanker yaitu untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat kanker yang signifikan.  Agar para penderita penyakit kanker tersebut tetap semangat dan mendapat dukungan penuh dari lingkungan sekitar.

Tindakan yang dapat kita lakukan pada tahun ini pastinya berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dikarenakan wabah pandemi virus Covid-19. Sehingga kegiatan ini dilakukan secara online dengan berbagai bentuk kreativitas masyarakat Indonesia.

Salah satu tidakan kecil yang dapat kita lakukan yaitu memposting poster tentang Hari Kanker Sedunia, walaupun hal tersebut terlihat sepele tetapi sangat berpengaruh positif untuk lingkungan sekitar kita. Kita juga dapat mengikuti seminar kesehatan tentang hari kanker sedunia yang diselenggarakan oleh berbagai komunitas, agar kita dapat mendapatkan ilmu dan manfaat untuk kedepannya.

Selain itu kita juga dapat membuat sebuah kegiatan dengan mengajak teman, masyarakat, komunitas, organisasi, sekolah, rumah sakit dan lainya. Kita dapat berbagi informasi dan memberikan dampak agar dapat mengurangi angka bertambahnya penderita penyakit kanker di Indonesia maupun didunia.

Penulis : Vina Agustina

Editor: Amrina Rosyada

Sumber : tirto.id

Sumber foto : p2ptm.kemkes.co.id

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: