MAKNA ISTILAH GHOSTING SEBENARNYA YANG SERING  DISEBUT MILLENIAL

MAKNA ISTILAH GHOSTING SEBENARNYA YANG SERING DISEBUT MILLENIAL

Istilah asing akhir-akhir ini sedang cukup populer di kalangan anak muda, pesatnya perkembangan internet dan teknologi membuat pertukaran bahasa menjadi semakin cepat pula untuk diketahui. Banyaknya penggunaan bahasa asing oleh remaja menjadi alasan munculnya istilah-istilah baru yang terdengar “keren” ditelinga masyarakat. Tak terkecuali istilah ‘ghosting’ yang  sering ditemukan atau diucapkan oleh mereka yang sedang patah hati.

Namun tahukah kamu arti kata ghosting itu?

Istilah ghosting biasanya merujuk pada suatu makna dalam hubungan percintaan. Meskipun istilah ghosting tidak terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kaum milenial tetap dapat menemukan arti dari kata tersebut. Dilansir dari situs Urban Dictionary, ghosting adalah tindakan seseorang yang memutus semua jalur komunikasi dengan seorang teman kencan. Atau secara singkatnya, ghosting adalah tindakan menghilang secara tiba-tiba tanpa pemberitahuan. Biasanya tindakan ghosting ini terjadi untuk menghindari konflik tertentu seperti, ingin menghindari percakapan yang menyebalkan.

Dalam sosial media istilah ghosting banyak sekali ditemukan, terutama pada aplikasi Twitter. Kebanyakan dari mereka menggunakan istilah ghosting untuk mengungkapkan isi hatinya, akibat di beri harapan palsu oleh orang yang dicintai. Banyak orang berlomba-lomba menggunakan istilah ini untuk dimuat dalam curhatan pada media sosial pribadi mereka. Dengan menambahkan penggunakan kata ‘ghosting’ dirasa membuat tulisan mereka menjadi semakin menarik dan semakin hidup.

Memang istilah ini lebih populer digunakan dalam konteks sebuah hubungan percintaan, dan biasanya istilah ghosting merujuk pada suatu perbuatan kurang baik. Namun dibalik itu semua istilah ghosting juga umum digunakan dalam beberapa konteks lainnya.

Dilansir dari Kumparan.com arti ghosting juga semakin melebar, kini kerap digunakan dalam hubungan profesional antara klien dan vendor. Memiliki arti yang sama dengan makna percintaan, ghosting dalam hubungan ini sering digunakan antar rekan kerja yang suka tiba-tiba hilang saat kerjaan sedang menumpuk.

Kata ghosting juga digunakan dalam bidang teknologi, ghosting dalam istilah komputer memiliki arti muncul tanpa kehendak, atau kesalahan sistem/eror di mana sebuah objek atau huruf yang tidak dikehendaki muncul berulang sepanjang halaman.

Nah jadi istilah ghosting ternyata tidak melulu hanya merujuk pada suatu hubungan percintaan saja ya, meskipun makna dari istilah ghosting ini bisa dikatakan kurang baik. Namun istilah ini seperti sudah menjadi istilah wajib bagi para kaum milenial, terutama saat merasa patah hati.

Penulis : Tasya Vania

Editor: Almira Felicia

Gambar: Shutterstock

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: