MENTAL HEALTH IN PANDEMIC 2020

MENTAL HEALTH IN PANDEMIC 2020

Bukan rahasia umum lagi jika semua orang merasa waspada akan virus yang sedang menyebar di seluruh dunia ini. COVID-19 atau (coronavirus disease 2019) adalah jenis penyakit baru yang disebabkan oleh virus dari golongan coronavirus, yaitu SARS-CoV-2 yang juga sering disebut virus corona.

Virus ini pertama kali ditemukan yaitu di kota Wuhan,China pada akhir tahun 2019. Virus ini menyebar dengan cepat melalui manusia satu ke manusia lainnya, hingga membuat kota Wuhan harus lockdown selama kurang lebih 3 bulan agar menghentikan virus ini supaya tidak menyebar luas.

Namun pada akhirnya virus ini sampai ke seluruh dunia dan menjadi pandemic seperti sekarang ini. Di masa pandemic seperti ini hal yang harus dijaga selain Kesehatan fisik adalah Kesehatan mental. karena pemerintah telah memberikan keputusan untuk seluhur masyarakat melakukan social distancing, yang membuat kita semua harus berdiam diri dan melakukan semua aktivitas di dalam rumah tanpa bertemu atau bersosialisasi dengan orang lain seperti biasanya lagi.

Bagi sebagian orang yang sudah sering berada atau melakukan aktivitasnya di luar rumah keputusan pemerintah untuk melakukan social distancing menjadi sebuah tekanan yang berat. Gangguan Kesehatan Mental saat pandemic adalah kecemasan akan wabah virus ini yang tidak kunjung hilang dan tak kunjung pula ditemukan obat penawarnya.

Rasa terasingkan dan kesepian karena tidak bisa berjumpa dengan orang-orang yang disayang membuat mereka merasakan sebuah tekanan karena tidak dapat bertemu dengan keluarga ataupun teman-teman dengan bebas. Rasa cemas akan pekerjaan karena dengan adanya wabah virus ini banyak perusahaan besar yang melakukan PHK besar-besaran yang mengakibatkan sebagian orang menjadi cemas tentang apakah mereka akan masih bisa memenuhi kebutuhan hidupnya di perusahaan mereka yang juga mengalami penuruan pendapatkan secara besar-besaran.

Berikut adalah beberapa Tips untuk menjaga Kesehatan mental selama masa pandemic:

1. Melakukan kegiatan fisik ringan yang dapat menyegarkan Kembali tubuh dan pikiran karena tubuh memproduksi kembali hormone endorphin yang membuat kita bisa membantu meredakan stress, rasa cemas,dan khawatir.

2. Mengkonsumsi makanan sehat, manfaatnya bukan hanya untuk menjaga Kesehatan saja tapi mendapat nutrisi yang cukup juga dapat memjaga Kesehatan mental kita selama pandemic

3. Menjaga komunikasi baik dengan keluarga dan sahabat, meluangkan waktu sebentar untuk berkomunikasi dengan keluarga atau sahabat untuk berbagi rasa kekhawatiran kita menjadi salah satu alternatif untuk menjaga kesehatan mental kita. Karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang dimana mereka harus bersosialisasi dengan manusia satu dan lainnya maka dari itu berkomunikasi dengan keluarga atau sahabat adalah cara yang tepat untuk tetap berfikiran positif akan keadaan pandemic sekarang ini.

Penulis : Nagita Kusuma R

Editor: Amrina Rosyada

Ilustrasi: Inside Telecom

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: