#Cintalingkungan Kreativitas Tanpa Batas Dengan Produk Ramah Lingkungan

#Cintalingkungan Kreativitas Tanpa Batas Dengan Produk Ramah Lingkungan

Mahasiswi Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) ajak masyarakat untuk lebih mencintai lingkungan dengan menggunakan produk yang dapat diolah kembali. Melalui kegiatan campaign Lingkungan Ekonomi Kreatif #Cintalingkungan pada Selasa, 4 Juli 2020.

Campaign kali ini digagas oleh Sheila Ramadani, Prihatiningsih, serta Muhammad Iqbal Yugalaksana, yaitu dengan melakukan ‘Talkshow Asik Bersama Yosh, UMKM Peduli Lingkungan’. Kegiatan yang diikuti oleh puluhan peserta tersebut mengusung tema ‘Kreativitas Tanpa Batas Dengan Produk Ramah Lingkungan’, yang mana disiarkan langsung menggunakan platform zoom.

Dalam paparanya, Dhea Eka Pratama selaku pemilik produk produk Yosh memberikan penjelasan mengenai produk yang saat ini sedang dikembangkan. Yakni camilan ringan macaroni dengan berbagai macam varian rasa, di antaranya ada rasa matcha dan coklat. Selain itu ada juga varian produk lainnya seperti sosis bakar, roti kukus dan bakso aci. Selain itu, produk yosh berusaha untuk tetap ramah lingkungan dengan packaging menggunakan besek. “Besek aku pilih karena memiliki banyak fungsi, seperti dijadikan cendramat yang cantik serta memiliki bahan yang ramah lingkungan dan dapat diolah kembali limbahnya sehingga selain berbisnis tetap senan tiasa menjaga lingkungan,” ungkapnya.

Produk Yosh awalnya merintis usaha tersebut karena sudah memiliki hobi berbisnis sejak masih di sekolah menengah atas. “Awalnya itu aku emang udah ada ketertarikan buat berbisnis lalu aku bersama pacar memiliki sebuah ide untuk membuat produk camilan Yosh ini, selain itu juga kami membuka lapangan kerja bagi para ibu-ibu di sekitar, untuk rencana kedepan si kami mau membuat packaging menggunakan pouch dari karton atau kertas supaya lebih ramah lingkungan” jelasnya.

Mahasiswa Ilkom juga menyuarakan Campaign dengan pagar atau hastag #cintalingkungan tersebut, digunakan sebagai bentuk apresiasi kepada para pebisnis yang masih tetap perduli terhadap lingkungan. Salah satu contoh kita mengajak wirausaha jajanan lokal kekinian yang membantu perekonomian Indonesia dan turut ikut serta membantu warga setempat dalam menyediakan lapangan pekerjaan.

Sheila Ramadhani selaku ketua penggagas berharap dengan Campaign #Cintalingkungan selain dapat membuat masyarakat lebih peduli dengan lingkungan sekitar juga dapat memberikan inspirasi kepada masyarakat dan mahasiswa. “Semoga masyarakat bisa mengembangkan ide-ide usaha kreatif serta perduli untuk menjaga lingkungan sekitar selain itu kami sebagai mahasiswa juga harus terus mengembangkan ide usaha kreatif lainya. Serta tak lupa untuk selalu menggunakan bahan atau produk yang ramah lingkungan” tutupnya.

Penulis: Prihatiningsih
Editor: Amrina Rosyada

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: