PANDEMI COVID-19 BUKAN HALANGAN DEBAT PEMIRA UDINUS 2020

PANDEMI COVID-19 BUKAN HALANGAN DEBAT PEMIRA UDINUS 2020

Pemilihan Raya Mahasiswa (Pemira) 2020 di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), tetap dilaksanakan  meski di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Berbagai rangkaian kegiatan PEMIRA 2020 ini telah dipersiapkan jauh – jauh hari oleh pihak KPUR. Sesi debat dilaksanakan pada dua tahap yang berbeda yaitu pada tahap pertama pada Kamis (4/6/2020) dan tahap ke dua pada Jumat (5/6/2020).

Hari pertama debat PEMIRA 2020 yang dilaksanakan pada Kamis (4/6/2020) dimulai dengan sesi debat oleh Dewan Perwakilan Mahasiswa Kampus ( DPM KM ), Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya ( BEM FIB ), Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik ( BEM FT ), serta Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis ( BEM FEB ).

Adapun pada penyelenggaraan di hari kedua Jumat (5/6/2020 ) debat dihadiri oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Kampus ( BEM KM ), Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (BEM FIK ), serta Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kesehatan ( BEM Fkes ).

Acara debat ini berisi enam sesi yang berbeda yaitu penyampaian visi-misi, pertanyaan moderator dan dijawab oleh pasangan calon, pertanyaan dari tiap pasangan calon ke pasangan calon lain, pertanyaan dari ketua yang menjabat saat ini , pertanyaan dari para penonton , dan sesi terakhir diisi dengan yel – yel.

Meskipun begitu, kegiatan debat ini dilakukan dalam bentuk daring atau online, sebagai upaya penaatan peraturan pemerintah berupa physical  distancing. “ Yang pertama perlu dipersiapkan tentu saja jaringan internet yang mumpuni, karena kami tidak memiliki banyak toleransi waktu, kesiapan mental juga perlu dan tetap menjaga kesehatan serta menerapkan protokol kesehatan tentunya,” tutur Yoga Wahyu Riyadi selaku ketua Komisi Pemilihan Umum Raya (KPUR).

Beberapa kendala saat pelaksanaan PEMIRA 2020 di tengah pandemi ini adalah masalah koordinasi. “Kendala kami sendiri mungkin lebih untuk menyesuaikan kondisi dalam berkoordinasi satu sama lain. tentunya, yang mana biasanya kami mengadakan rapat guna pelaksanaan PEMIRA dengan bertatap muka kini dialihkan seluruh koordinasi melalui daring atau online, sehingga membutuhkan waktu,” jelas Yoga.

Yoga juga memberikan pesan kepada seluruh mahasiswa UDINUS untuk “tetap semangat memberikan suara terhadap pemilihan saat ini, semoga tidak ada mahasiswa Udinus golput dan tentu saja selalu menjaga kesehatan diri,” tutupnya.

Pemilihan Raya Mahasiswa (PEMIRA) UDINUS telah rutin diselenggarakan tiap tahunnya sebagai ajang pemilihan calon Presiden dan Wakil Presiden kampus yang dilakukan secara demokratis oleh seluruh mahasiswa UDINUS.

Penulis : Nabila Cahya Intan Maulida
Editor : Amrina Rosyada

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: