BAI UDINUS TINGKATKAN KARAKTER MUSLIMAH LEWAT KEGIATAN SORBAN

BAI UDINUS TINGKATKAN KARAKTER MUSLIMAH LEWAT KEGIATAN SORBAN

Demi tingkatkan kader-kader dakwa islami dengan 10 karakteristik muslim sejati, Badan Amalan Islam (BAI) Matholi’ul Anwar Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) adakan proker rutin yaitu Sekolah Peradaban (Sorban). Kegiatan tersebut belokasi di Masjid Agung Jawa Tengah pada Sabtu (14/12).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 45 peserta dan ini merupakan ke-6 kalinya sorban diadakan. Dimulai pada pukul 08.30 WIB, diawali dengan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) antar bidang untuk membahas proker pada masing-masing bidang. BAI Udinus merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di Udinus. Selain kegiatan sorban, ada juga kegiatan rutin lain yang dilakukan. Antara lain, kajian rutin senin, sharing kamis sore, dan juga kajian rutin annisa.

Selanjutnya, kegiatan ceramah yang dibawakan oleh Ustadz Fajar dengan mengangkat tema ‘Pandangan Kesehatan Menurut Syariat Islam’. Terdapat tiga tips mengenai cara sehat ala rasulullah SAW, yaitu dengan berbagai aktivitas fisik, pemenuhan nutrisi, dan istirahat yang cukup. “Aktivitas fisik yang bisa diterapkan minimal 60 menit sehari adalah seperti jogging sebanyak 3 kali dalam seminggu, minum air putih setelah tidur dan tidak bergadang, aktivitas tersebut sudah bagus untuk kesehatan,” ucapnya.

Sementara itu, juga dilakukan peresmian ketua akhwat angkatan BAI 2019 yang Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan sharing-sharing dan games. Selain itu acara dilanjutkan dengan presentasi setiap bidang yang memaparkan tentang solusi dari permasalahan yang ada pada setiap bidang.

Tak lupa, selain membahas aktivitas fisik dan macam macam sholat, para peserta juga diajarkan bagaimana tips diet syariah yang baik yaitu dengan cara berpuasa. “Teman teman bisa baca di jurnal publikasi ilmiah di jepang dan di amerika yang sudah diteliti bahwa orang yang mau panjang umur sering berpuasa atau mengosongkan perut dua sampai tiga kali dalam seminggu” kata Ustadz Fajar yang kemudian di akhiri dengan kegiatan wisuda sorban.

Penulis : Nagita Kusuma Ramadhani
Fotografi : Salsabilla Okta Putriani
Editor : Haris Rizky

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: