LEWAT UDINUS GOES TO PIMNAS, UDINUS HARAPKAN PKM MAHASISWA TEMBUS PIMNAS 2020

LEWAT UDINUS GOES TO PIMNAS, UDINUS HARAPKAN PKM MAHASISWA TEMBUS PIMNAS 2020

Selasa (10/12/2019) Udinus menyelenggarakan workshop Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dengan judul ‘Udinus Goes To Pimnas 2020’ di Gedung E3. Acara yang bertajuk pelatihan menulis PKM tersebut dilaksanakan pada pukul 08:00 WIB dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Himne Udinus oleh Tim paduan suara serta peserta workshop. Kemudian, dilakukan pemukulan gong oleh Dr. Kusni Ingsih, MM. sebagai simbolis pembukaan acara workshop tersebut.

Pada acara workshop kali ini, Udinus berkesempatan untuk mengundang Dr. Tommi Yuniawan, S.pd, M. Hum. Selaku Dosen FBS Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang merupakan reviewer PKM Ristekdikti. Dalam workshop tersebut, dosen FBS Unnes itu menyampaikan beberapa strategi supaya PKM mahasiswa lolos kedalam Pimnas. “Ada sebuah kunci dalam PKM yang harus adik-adik perhatikan, yaitu berpikir kreatif dalam menuangkan suatu gagasan” ujarnya di acara workshop tersebut.

Beliau juga mengungkapkan strategi menuju Pimnas, yaitu pelaksanaan PKM yang baik dengan strategi detail perancangan dan implementasi sesuai proposal, dokumentasi berupa logbook, lap kemajuan, lap akhir dan artikel serta outputpunya berupa kreativitas/produk dan juga publikasi artikel ilmiah/ paten. Selain strategi tersebut, adapula beberapa strategi agar suatu proposal didanai oleh Ristekdikti, yaitu dengan proposal pengajuan harus sesuai panduan PKM Terbaru, pemilihan topik dan kreativitas PKM, dan juga bimbingan dari dosen.
Beliau mengungkapkan bahwa Udinus merespon banyak kegiatan terutama di bidang penalaran dengan harapan mahasiswa memiliki ajang yang lain, seperti debat dan lainnya. “Sesudah diberikan workshop oleh pak Tommi kemudian mahasiswa bisa lolos didanai serta kemudian lolos ke Pimnas merupakan gengsi untuk diri kita sendiri dan juga untuk Udinus. Karena Pimnas inilah gengsinya Perguruan Tinggi.” Tutup Wakil Rektor II Udinus Dr. Kusni Ingsih, MM.

Penulis: Indah Suryaningsih

Foto: Nadia Fusfa Sahara

Editor: Elwan Adi Permadhana

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: