Gedung F Universitas Dian Nuswantoro Dilakukan Renovasi, Apa Saja Persepsi serta Aspirasi Para UKM & Ormawa Menanggapi Hal Ini?

Gedung F Universitas Dian Nuswantoro Dilakukan Renovasi, Apa Saja Persepsi serta Aspirasi Para UKM & Ormawa Menanggapi Hal Ini?

Universitas Dian Nuswantoro belum lama ini melakukan pembaharuan terhadap salah satu gedung tepatnya Gedung F yang dimulai pada Kamis, 16 Mei 2024 ini. Terkait Gedung F ini sendiri merupakan gedung yang berfungsi sebagai camp para Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Organisasi Mahasiswa (ORMAWA). Rencananya, proyek pembaharuan ini akan rampung sekitar bulan Oktober mendatang. Lalu, bagaimana Gedung F ini akan dibentuk? Apa tanggapan yang timbul dari para UKM dan ORMAWA terkait hal ini?

Pada Jumat, 17 Mei lalu, diadakan rapat yang mana dihadiri para aktivis UKM dan ORMAWA. Rapat tersebut membahas tentang Gedung F yang akan dibuat sentral. Gedung F dibangun menjadi: lantai bawah ruangan, lantai atas workspace. Dijelaskan tidak akan ada bilik untuk menaruh arsip surat dan lainnya kemudian tidak ada sekat antar ruang yang kurang efektif sebab akan dibuat seperti workspace H.6.

Terkait pembongkaran ini, muncul aspirasi dari para UKM dan ORMAWA seperti UKM Musik ikut serta menyampaikan bahwa mereka perlu panggung untuk kegiatan latihan rutin. UKM ‌ALDAKA juga memberikan masukan untuk disediakan ruangan transit sebab kegiatan UKM ini yang cukup padat sehingga diperlukan tempat transit untuk menginap, menaruh barang dan lainnya. Selain itu, dengan adanya pembaharuan Gedung F ini menjadikan pembangunan perpustakaan diundur sementara untuk UKM karena membutuhkan ruang penyimpanan barang UKM dan ORMAWA. UKM Pers Wartadinus berpendapat untuk ruangan tetap diberi sekat sehingga privasi tetap ada.

Selama pembangunan berlangsung, nantinya ruangan sementara para UKM dan ORMAWA ini dialihkan ke Gedung B Lantai 5 sebagai ruangan untuk menaruh alat-alat. Namun, ada banyak UKM dan ORMAWA yang meminta untuk tidak hanya ruang aula di Gedung B Lantai 5 saja yang dijadikan tempat untuk menaruh barang-barang. Mereka memberi pendapat agar Gedung A Lantai 1 bekas ruang BIMA, BIAK dan BIUM juga dijadikan tempat menaruh barang-barang. Terakhir, terkait denah belum pasti bentuk bangunan Gedung F ini nantinya, denah masih dapat berubah yang dan jika sudah pasti akan diajukan ke BIMA.

Setelah pengumpulan aspirasi dari UKM dan ORMAWA, Dewan Perwakilan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (DPM KM), Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) dan perwakilan dari UKM datang menemui Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. Kusni Ingsih, S.E., M.M untuk melakukan audiensi di gedung G lantai 3 pada hari Senin, 20 Mei 2024. Hasil audiensi yang dilaksanakan cukup menjawab keresahan dari UKM dan ORMAWA.

“Mimpinya Pak Rektor itu tempat di Gedung F itu tidak seperti rusun. Kita tidak boleh memungkiri, setiap minggu kita lewat, kadang-kadang kalian nggak ada kita datang kesana, sedih. Sedihnya karena ada banyak barang-barang yang kurang pantas untuk dilihat. Menurut saya, menyedihkan melihat prestasinya adik-adik kemahasiswaan. Oleh sebab itu, beliau-beliau mau mengapresiasi. Mengapresiasinya itu diberikan tempat yang lebih baik,” ucap Dr. Kusni Ingsih, S.E., M.M.

Dr. Kusni Ingsih, S.E., M.M menyatakan bahwa akan ada tempat-tempat yang harus dibahas. Loker-loker yang sekarang ada tidak akan dibongkar dan semua UKM serta ORMAWA akan tetap memiliki loker. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan juga menyampaikan bahwa akan menyediakan 3 buah ruang rapat di lantai 2 gedung F bahkan ruang rapat di gedung-gedung lainnya.

Beliau juga menjawab perihal apa alasan gedung F dibuat sentral agar kita semua tahu kedepannya apakah akan ada tambahan UKM sampai berapa banyak. Barang-barang UKM dan ORMAWA yang dipermasalahkan itu, bisa dipindahkan ke gedung B lantai 5 untuk sementara waktu. Tempat latihan UKM Musik ataupun KAPLINK dapat dilakukan di aula gedung B lantai 5 tersebut karena aula tersebut tergolong sangat luas. Pemindahan barang-barang dapat langsung dikoordinasikan dengan BIMA.

Dr. Rindra Yusianto S.Kom, MT juga menambahkan bahwa dengan berakhirnya kontrak UDINUS Sport Center dengan Gedung Olah Raga (GOR) di Pamularsih, UDINUS Sport Center akan berpindah ke GOR Kesatrian yang terletak di Jalan Hasanudin. Pembukaan resmi GOR ini akan berlangsung paling cepat bulan Juni ini karena pembangunannya sudah selesai akhir Bulan Juni. Setelah pembukaan resmi, GOR Kesatrian dapat dipakai secara langsung oleh seluruh mahasiswa dan mahasiswi Universitas Dian Nuswantoro.

Tenda-tenda kewirausahaan yang terletak di belakang BIMA pun akan segera diperbaiki mengingat Universitas Dian Nuswantoro merupakan salah satu universitas pilihan di bidang kewirausahaan. Selain itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kepala Biro Kemahasiswaan juga menyinggung tentang Universitas Dian Nuswantoro di Kediri yang sudah mengalami banyak kemajuan, sampai sekarang pun sudah lebih bersih, rajin dan bagus. UKM maupun ORMAWA diperbolehkan untuk pergi dan melihat UDINUS Kediri dengan syarat membawa kolaborasi kegiatan dengan UDINUS Kediri agar semakin erat kekeluargaannya dengan UDINUS Semarang.

Penulis : Anastasya Sanusi P dan Dinda Nabila Setiana

Editor : Aninda Ratna Ghifarani

Sumber Gambar : Dokumentasi Wartadinus

Related Post

KPUR Gelar Debat Pemira 2024

KPUR Gelar Debat Pemira 2024

Komisi Pemilihan Umum Raya (KPUR) menyelenggarakan program kerja tahunan, yakni Debat Pemira. Kegiatan berlangsung pada…

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: