Sidang Semester dan Laporan Pertanggungjawaban Tengah Tahun yang Diselenggarakan oleh MPM KM Membawa Banyak Berita Baru

Sidang Semester dan Laporan Pertanggungjawaban Tengah Tahun yang Diselenggarakan oleh MPM KM Membawa Banyak Berita Baru

Majelis Permusyawaratan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (MPM KM) berhasil melaksanakan Sidang Semester yang merupakan acara peninjauan kembali terhadap Anggaran Dasar atau Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Udinus yang telah ditetapkan pada Sidang Umum periode 2022/2023 lalu. AD/ART Udinus sendiri akan segera rilis di website Biro Kemahasiswaan dan tidak akan lagi cetak fisik. Selain Sidang Semester, MPM KM juga mengadakan Laporan Pertanggungjawaban Tengah Tahun (LPJTT) yang dilaporkan langsung oleh organisasi mahasiswa tingkat universitas. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung E lantai 3 Universitas Dian Nuswantoro hari Senin, 25 Maret 2024.

Organisasi-organisasi mahasiswa yang melakukan laporan-laporan dalam acara ini adalah organisasi mahasiswa yang bertanggungjawab langsung kepada Keluarga Mahasiswa (Biro, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Himpunan Mahasiswa dan masih banyak lagi) yakni; Majelis Permusyawaratan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (MPM KM), Dewan Perwakilan Mahasiswa Keluarga Mahasiwa (DPM KM), Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) dan Komisi Pemilihan Umum Raya (KPUR). Pelaksanaan Sidang Semester dan LPJTT ini bertujuan untuk mempublikasikan kepada seluruh Keluarga Mahasiswa tentang kegiatan apa saja yang telah dilaksanakan oleh organisasi-organisasi tingkat fakultas dan dampak yang diberikan kepada mahasiswa, khususnya DPM KM dan BEM KM.

Melalui kegiatan Sidang Semester dan LPJTT, MPM KM dapat mengetahui sudah seberapa banyak kegiatan yang dilaksanakan oleh DPM KM dan BEM KM. MPM KM juga ikut memeriksa anggaran yang diajukan dan anggaran yang sudah terealisasikan. Hasilnya, dari DPM KM telah menyelesaikan sebanyak 4 Rencana Kegiatan Mahasiswa (RKT). RKT yang berhasil dan diterima oleh MPM KM adalah Program Legislatif Universitas (PROLEGUN), Dinus International Youth Conference (DIYC) dan Training Legislative UDINUS. RKT yang ditolak adalah Rapat Koordinasi bersama BEM KM yang masih belum menemukan hasil dan butuh peninjauan ulang. BEM KM sudah melaksanakan 1 RKT mereka yakni; OSIS Goes to Campus dan untuk KPUR sendiri tidak menghadiri acara ini.

Selanjutnya, untuk menyambut kehadiran keluarga baru di Universitas Dian Nuswantoro, Fakultas Kedokteran. Mahasiswa-mahasiswi di Fakultas Kedokteran memiliki urgensi lebih untuk mengikuti organisasi diluar kampus. Namun, sistem yang dimiliki oleh Udinus, mahasiswa harus memiliki organisasi dalam kampus dulu, baru luar kampus. Maka dari itu, mereka menginginkan adanya organisasi di fakultas mereka. Setelah sekian lama berkonsultasi dengan MPM KM, DPM KM, BEM KM serta birokrasi kampus, akhirnya tercapailah tujuan mereka untuk memiliki organisasi. Organisasi yang diberikan langsung kepada Fakultas Kedokteran merupakan organisasi tingkat legislatif dan tingkat eksekutif.

Dalam AD/ART Udinus, sebuah organisasi yang baru dirintis, tidak akan bisa langsung mencapai tingkat tertingginya. Begitu pula dengan organisasi yang ada di Fakultas Kedokteran. Fakultas Kedokteran memulai pencapaian mereka dengan nama Biro Perwakilan Mahasiswa Fakultas Kedokteran (BPM FK) yang dipimpin oleh Melki serta memiliki 4 mahasiswa aktif Fakulas Kedokteran sebagai organisasi tingkat legislatif dan Biro Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran (BEM FK) yang dipimpin oleh Alya beserta 5 mahasiswa aktif sebagai organisasi tingkat eksekutif. Sebelum pengesahan, ada banyak pertanyaan yang dilemparkan untuk mereka agar memastikan bahwa mereka layak untuk mendapatkan gelar serta nama yang akan terbentuk. Sampai akhirnya, semua majelis yang hadir pada Sidang Semester dan LPJTT ini setuju. Dari sinilah karir organisasi milik Fakultas Kedokteran akan dimulai dan terus berkembang.

“Pesan kesannya karena ini perdana aku jadi ketua pelaksana RKT dan langsung collab sama LPJTT pastinya kan excited ya, apalagi ini bulan puasa jadi seminimal mungkin tetap jaga amarah dan untungnya berjalan lancar meskipun sempet ada problem di hari H acara. Para majelis juga aktif. Jadi, kita sebagai yang ngadain acara kaya bener-bener seneng, sih, acaranya hidup,” ungkap Ayu Fatmawati selaku Ketua Pelaksana.

“Kalau harapan kedepannya, sih, semoga semua UKM, ORMA di UDINUS selalu bersinergi, berkolaborasi, tetap rukun dan damai nggak ada ribut-ribut buat project kedepannya aja,” tutupnya.

Penulis: Anastasya Novianti Sanusi

Foto: Dokumentasi Panitia Sidang Semester dan LPJTT

Editor: Rahma Fadila Rahayu

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: