Perayaan Paskah Penuh Berkat

Perayaan Paskah Penuh Berkat

Setiap tahunnya, umat Kristen merayakan Hari Paskah. Pada tahun ini, Paskah dirayakan hari Minggu, 31 Maret 2024. Paskah diperingati sebagai hari kebangkitan Yesus dari kematian. Hari raya ini menjadi hari kebahagiaan para umat Kristiani karena bangkitnya Yesus dimaknai sebagai kemenangan atas maut dan dosa.

Terdapat enam rangkaian perayaan untuk merayakan Hari Paskah hingga Minggu Paskah, yaitu yang pertama ada Rabu Abu untuk mengawali masa Pra Paskah dengan ditandainya salib di dahi menggunakan percikan abu. Kedua ada Minggu Palma disaat semua umat berkumpul dan membawa daun palma untuk menyambut Yesus pada hari Minggu sebelum Minggu paskah. Kegiatan ketiga ada Kamis Putih yang merupakan hari untuk mengawali pekan suci paskah yang biasanya ada pembasuhan kaki oleh Romo.

Kegiatan keempat berupa Jumat Agung sebagai hari peringatan wafatnya Yesus disalib yang dipercayai sebagai penebusan dosa umatnya agar mendapatkan kehidupan yang kekal. Kegiatan kelima tiba pada Malam Paskah atau Sabtu Suci, para umat mempersiapkan kebahagiaan untuk menyambut kebangkitan Yesus. Kegiatan perayaan paling puncak yaitu Minggu Paskah, bangkitnya Yesus setelah disalib yang merupakan momen sakral dalam hidup Yesus.

Pada perayaan paskah, terdapat tradisi Telur Paskah (Easter Egg). Telur yang sudah matang direbus akan dihias oleh anak-anak hingga dewasa. Mereka akan menghias sesuai dengan kreativitas. Telur ini dianggap sebagai simbol kuno kehidupan baru, umat Kristen memaknainya sebagai kebangkitan Yesus dari kubur. Selain telur, kelinci paskah (Easter Bunny) juga menjadi simbol paling popular. Kelinci dimaknai sebagai simbol kuno kesuburan dan kehidupan yang baru.

Selamat merayakan Paskah dengan sukacita dan berkat yang dipenuhi dengan harapan, kegembiraan, dan keajaiban Tuhan.

Penulis: Hilyana Arieandhien

Sumber foto: Tribun

Editor: Rahma Fadila Rahayu

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: