Sesi Debat Panas yang Dilaksanakan HM TB dalam Acara Dinus Fest 2024

Sesi Debat Panas yang Dilaksanakan HM TB dalam Acara Dinus Fest 2024

Pada 23 Januari 2024, Himpunan Mahasiswa Teknik Biomedis mengadakan event yang hadir pada setiap tahun yaitu D’combe. D’combe merupakan sebuah perlombaan debat nasional yang diadakan untuk sma/smk dan sederajat. Tahun ini tema dari lomba HM TB yaitu, “Penggunaan AI dalam Bidang Kesehatan”. 

Lomba kali ini para peserta akan dibagi dalam dua kubu yaitu pro dan kontra dimana setiap kelompok berisikan tiga peserta dengan memiliki pembicara 1, pembicara 2, dan pembicara 3. Selanjutnya, mereka akan diarahkan oleh moderator pada sesi debat agar acara tetap berjalan secara kondusif. Jumlah tim yang mendaftar pada D’combe kali ini berjumlah 11 tim dengan total 33 peserta. 

Proses penentuan juara akan dilakukan dengan menggabungkan poin dari para juri berdasarkan berbagai aspek yang sudah dijelaskan dan diperlihatkan oleh para peserta.

Acara ini dilaksanakan di Universitas Dian Nuswantoro tepatnya di Gedung D.1.1 dimulai pukul 08.30 hingga 17.20 WIB. Persiapan yang dilakukan oleh para panitia sendiri lebih mengutamakan pendaftaran dimana seperti yang dituturkan oleh ketua pelaksana D’comde tahun ini yaitu Sulthanah Ula Hanifah mengatakan bahwa, mereka menggunakan promosi dan mendatangi sekolah sekolah dengan metode mengirimkan surat undangan atau menyebarkan poster yang sekiranya dapat menarik minat para calon peserta. 

“Dengan mencari atau promosi lomba ini ke sekolah sekolah dengan mengirimkan surat undangan atau menyebarkan poster ke sekolah sekolah tersebut” ucap Sulthanah Ula Hanifah sebagai ketua pelaksana. 

Setelah melakukan proses registrasi ulang peserta yang lolos pada babak penyisihan ini akan langsung melakukan tahapan semifinal pada hari kedua, dimana pada tahapan ini ada 6 tim yang nantinya akan lolos dan melanjutkan lagi dengan harus melewati 3 tahapan semifinal lalu setelah 3 tahap itu barulah akan tersisa 3 tim yang nantinya akan memperebutkan juara 1,2 dan 3 yang ada pada tahap final. 

Pada hari kedua, Sulthanah Ula Hanifah menjelaskan bahwa tidak akan ada penyambutan. Acara akan langsung dilanjutkan dengan tahap semi final dan akan diakhiri dengan pengumuman pemenang dari D’combe tahun ini. Akan tetapi, untuk sesi pembagian hadiahnya akan dilakukan serentak pada penutupan Dinus Festival yang diadakan pada 31 Januari mendatang. 

Penulis: Annisa Cardina

Gambar: Dokumentasi Wartadinus (Deanita)

Editor: Rahma Fadila Rahayu

Related Post

KPUR Gelar Debat Pemira 2024

KPUR Gelar Debat Pemira 2024

Komisi Pemilihan Umum Raya (KPUR) menyelenggarakan program kerja tahunan, yakni Debat Pemira. Kegiatan berlangsung pada…

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: