Lakukan Aksi Peduli Pada Lingkungan Hidup, Mahasiswa Ilkom Udinus gelar acara ‘Hidupkan Kembali’

Lakukan Aksi Peduli Pada Lingkungan Hidup, Mahasiswa Ilkom Udinus gelar acara ‘Hidupkan Kembali’

Fokus pada isu lingkungan hidup, mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nuswantoro  menyelenggarakan acara  ‘Hidupkan Kembali’ sebagai output dari mata kuliah Event Organizing (EO). Acara tersebut dilaksanakan di Pantai Tirang Semarang pada hari Minggu, 17 Desember 2023.

‘Hidupkan Kembali’ merupakan bentuk nyata aksi peduli pada lingkungan pantai, dua kegiatan yang menjadi sorotan pada acara ini yaitu membersihkan sampah di sekitar lingkungan pantai dan penanaman bibit mangrove.

Acara dibuka oleh Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi (Kaprodi Ilkom) Dr. Rahmawati Zulfiningrum S.I.Kom., M.I.Kom., kesan yang luar biasa disampaikan oleh beliau terhadap kegiatan ini karena dapat menghidupkan kembali lingkungan di Kota Semarang dan penanaman mangrove sangat penting untuk mencegah abrasi.

Begitu juga Dewa Ayu Putri Tesalonika, selaku Ketua Pelaksana ‘Hidupkan Kembali’. Ia berharap melalui kegiatan ini masyarakat menjadi lebih aware pada lingkungan, karena kota Semarang bukan hanya sebagai tempat tinggal, melainkan juga daerah yang harus dilestarikan.

“Kegiatan kami ini kami buat paling berbeda dibanding kegiatan-kegiatan output mata kuliah ilmu komunikasi lainnya dimana memang kami fokusnya itu ke lingkungan dan berharapnya kami bisa ada kegiatan praktik atau praktisi yang bisa terjun langsung ke lingkungan kami yaitu lewat menanam mangrove dan bersih-bersih pantai” ungkapnya.

Sebagai simbolis dimulainya acara, Kaprodi Ilkom menyerahkan bibit mangrove kepada ketua pelaksana. Setelah itu dilanjutkan kegiatan membersihkan sampah yang ada di sekitar pantai. Di puncak acara, penanaman bibit mangrove di sekitar pantai Tirang dilakukan bersama partisipan yang antusias mengikuti hingga akhir acara, seluruh tahapan berjalan dengan lancar tanpa ada kendala.

Selain dukungan dari pihak Universitas, acara ‘Hidupkan Kembali’ sudah mendapatkan dukungan penuh dari Perhutani. Denok Kenang Kota Semarang dan Duta Genre Kota Semarang juga turut hadir untuk ikut bergabung bergerak menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. Persiapan ini tentunya sudah dilakukan jauh-jauh hari dan berkat kerjasama panitia yang baik sehingga acara berjalan sesuai rencana.

Bellana Putri, salah satu peserta yang hadir menyampaikan kesan, pesan, serta harapan setelah mengikuti kegiatan ini.

“Hari ini acaranya menarik dan keren banget, untuk anak-anak muda ini harus dicontoh sih. Harapannya semoga acara ini berlangsung terus menerus kedepannya dan panitia bisa dapat menginspirasi teman-teman diluar sana” tutupnya.

Penulis : Cantika Caramina Gusma

Editor : Aninda Ratna Ghifarani

Sumber Gambar : Dokumentasi Wartadinus (Aditya Gilang Pangestu)

Related Post

KPUR Gelar Debat Pemira 2024

KPUR Gelar Debat Pemira 2024

Komisi Pemilihan Umum Raya (KPUR) menyelenggarakan program kerja tahunan, yakni Debat Pemira. Kegiatan berlangsung pada…

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: